BeritaOtomotif

Yamaha Sebut Butuh Bertahun-tahun untuk Bisa Kompetitif Lagi

×

Yamaha Sebut Butuh Bertahun-tahun untuk Bisa Kompetitif Lagi

Share this article
Yamaha Sebut Butuh Bertahun-tahun untuk Bisa Kompetitif Lagi

JAKARTA – Dalam beberapa musim terakhir, Yamaha belum mampu bersaing secara kompetitif di ajang MotoGP. Pihak Yamaha menyatakan bahwa diperlukan waktu bertahun-tahun agar mereka dapat kembali berada di jalur yang benar.

Motor Yamaha M1 tidak lagi terlihat di posisi terdepan, bahkan untuk menembus sepuluh besar pun terasa sulit.


@mj_photogp Fabio Quartararo saat berlaga pada MotoGP Perancis 2024

Massimo Bartolini telah menjabat sebagai Direktur Teknis proyek Yamaha MotoGP selama enam bulan. Ia diakui sebagai teknisi yang berpengalaman dalam manajemen ban Michelin.

Sebelum bergabung dengan Yamaha, Bartolini memiliki pengalaman bersama Ducati. Saat ini, ia lebih bertujuan untuk membawa Yamaha kembali bersaing di jalur depan.

“Kami memiliki banyak pekerjaan yang harus dilakukan, tetapi semua orang bekerja lebih keras untuk memangkas jarak. Saya merasa positif setelah enam bulan ini,” ujar Bartolini, seperti dilansir dari Speedweek.com, Kamis (5/9/2024).

“Apa yang saya amati setelah enam bulan ini sejalan dengan apa yang saya rasa sebelumnya. Ini akan menjadi perjalanan yang panjang karena kami perlu meningkatkan keseluruhan paket, yang lebih memakan waktu ketimbang hanya menyelesaikan satu masalah. Seperti yang saya duga, ini akan memakan waktu bertahun-tahun,” tambah Bartolini.

Fabio Quartararo saat berlaga pada MotoGP Perancis 2024
@mj_photogp Fabio Quartararo saat berlaga pada MotoGP Perancis 2024

Bartolini optimis bahwa musim depan mereka dapat memangkas jarak sedikit demi sedikit. Namun, menurutnya, mendekati posisi kompetitif adalah tantangan yang berbeda.

“Semoga kami akan lebih dekat tahun depan dan kembali kompetitif di musim berikutnya,” ujarnya.

Bartolini juga menekankan pentingnya memiliki tim satelit, karena lebih mudah untuk membuat kemajuan dengan beberapa pebalap. Selain itu, para pebalap juga akan merasa senang karena mereka memiliki angkanya untuk dibandingkan. Sebagai teknisi, hal ini sangat membantu dalam menentukan arah pengembangan.

Fabio Quartararo saat berlaga pada MotoGP Inggris 2024
GIGI_SOLDANO Fabio Quartararo saat berlaga pada MotoGP Inggris 2024

Memasuki musim depan, Yamaha akan dibantu oleh Pramac Racing sebagai tim satelit. Hingga saat ini, belum ada pengumuman mengenai siapa yang akan menjadi pebalapnya, namun pengamat banyak berspekulasi bahwa Miguel Oliveira dan Jack Miller akan mengisi posisi tersebut.

“Ini sangat penting bagi saya, terutama di awal. Umpan balik dan perbandingan dari mereka akan sangat berguna untuk memahami di mana kami dapat berkembang. Selain itu, mereka adalah dua pebalap yang cerdas yang harus beradaptasi terlebih dahulu. Tentu saja, kami tidak bisa menjanjikan motor yang mereka inginkan di awal, tetapi keberadaan dua pebalap berpengalaman akan sangat membantu,” ungkap Bartolini.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *