BeritaOtomotif

Yamaha R1 dan R1M Baru dengan Winglet dari Serat Karbon

×

Yamaha R1 dan R1M Baru dengan Winglet dari Serat Karbon

Share this article
Yamaha R1 dan R1M Baru dengan Winglet dari Serat Karbon

JAKARTA – Yamaha R1 dan R1M tidak lagi tersedia untuk versi jalan raya di Eropa. Namun, bagi pasar lain seperti Amerika, kalian tidak perlu khawatir karena R1 dan R1M versi 2025 tetap akan tersedia.

Dikutip dari Rideapart, Yamaha melakukan pembaruan pada R1 dan R1M sesuai dengan permintaan konsumen. Sebelumnya, R1 mendapat kritik karena sistem pengeremannya yang dianggap kurang mumpuni dan kalah bersaing dengan superbike lainnya.


RIDEAPART Yamaha R1 dan R1M terbaru buat pasar Amerika Serikat

Untuk model R1 2025, Yamaha telah mengadopsi kaliper depan monoblock Brembo Stylema dan master silinder Brembo yang baru. Suspensi depan juga menggunakan versi terbaru dari KYB 43mm yang dapat disesuaikan.

Secara visual, perbedaan paling mencolok adalah penambahan winglet dari serat karbon. Desain tersebut mirip dengan yang dipasang pada motor Yamaha di MotoGP, bukan sekadar gimmick, tetapi juga berkontribusi pada peningkatan aerodinamika dan performa pengereman.

Yamaha R1 dan R1M terbaru buat pasar Amerika Serikat
RIDEAPART Yamaha R1 dan R1M terbaru buat pasar Amerika Serikat

Bagi model R1M, tampilannya hampir identik dengan R1 biasa, namun hampir semua bagian bodi menggunakan serat karbon, yang membuatnya terlihat lebih serasi dengan winglet yang juga terbuat dari serat karbon.

Sisa fitur tidak berbeda jauh dari R1M sebelumnya, yang sudah dikenal baik juga. Sistem suspensi dari Ohlins yang dapat disetel secara elektronik, tetap dipertahankan pada model kali ini.

Untuk harga, R1 dibanderol sebesar 18.999 Dollar Amerika atau setara Rp 280 jutaan, sementara harga R1M mencapai 27.699 Dollar Amerika atau sekitar Rp 419 jutaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *