LOMBOK – Tim Redaksi mendapatkan kesempatan untuk mencoba Hyundai Ioniq 5 N di Sirkuit Mandalika, Lombok, Kamis (14/11/2024). Momen ini dimanfaatkan untuk menguji fitur-fitur dari Ioniq 5 N yang dirancang khusus untuk trek balap.
Terdapat dua sesi yang berlangsung saat Ioniq 5 N Track Day. Pada sesi pertama, sirkuit Mandalika dibagi menjadi beberapa bagian, sehingga penguji bisa mencoba semua “keunggulan” yang berkaitan dengan N Brand, seperti Corner Rascal, Track Capability, dan Everyday Sportscar.
Di sesi kedua, penguji mengelilingi trek dengan tiga putaran penuh. Untuk pengaturan berkendara, tidak ada batasan, sehingga dapat merasakan performa Ioniq 5 N saat kecepatan tinggi dan bermanuver di tikungan.
Hyundai Ioniq 5 N Track Day di Sirkuit Mandalika
Pertama, penguji mencoba N Launch Control di lurusan panjang start dan finish Sirkuit Mandalika. Cara mengaktifkannya cukup mudah, tinggal masuk ke N Mode dan pilih N Launch Control pada layar infotainment.
Untuk mengaktifkannya, mobil harus dalam keadaan diam, dengan kaki kiri menginjak penuh rem dan kaki kanan pada pedal gas. Setelah lepas dari rem, Ioniq 5 N melesat dengan cepat.
Akselerasinya sangat cepat, dengan klaim dari Hyundai, mobil ini mampu melaju dari 0-100 km/jam hanya dalam 3,4 detik. Dengan tenaga sekitar 600 TK dan torsi 740 Nm, Ioniq 5 N dengan mudah mencapai kecepatan 190 km/jam, hampir 200 km/jam.
Track Day Hyundai Ioniq 5 N di Sirkuit Mandalika
Selanjutnya, penguji mencoba fitur N Pedal. Fitur ini mirip dengan regenerative braking tetapi lebih kuat, dengan tiga tingkatan, sehingga saat memasuki tikungan, pengemudi hanya perlu mengangkat kaki kanan dari pedal gas tanpa perlu menginjak rem.
Fitur lain yang diuji adalah N e-Shift dan N Active Sound+. Keduanya memberikan pengalaman unik pada Ioniq 5 N, dengan kemampuan untuk mengganti gigi secara manual menggunakan paddle shift dan menghasilkan suara khas seperti mobil bermesin bensin.
Sensasi saat mengganti gigi dan suaranya sangat mirip dengan kendaraan berbahan bakar fosil. Terdapat tiga pilihan suara: Ignition yang menyerupai mobil sport, Evolution yang terinspirasi dari Hyundai N Vision Gran Tourismo, dan Supersonic yang menyerupai suara pesawat jet.
Track Day Hyundai Ioniq 5 N di Sirkuit Mandalika
Pada suara Ignition, efeknya dapat menghasilkan suara Pop & Bangs saat menurunkan gigi, sedangkan suara Supersonic menyerupai ledakan saat mengasak pedal gas, menawarkan sensasi yang unik.
Dari belakang Sirkuit Mandalika, penguji mencoba fitur N Torque Distribution, yang dapat memindahkan tenaga dan torsi ke roda depan atau belakang secara penuh.
Ketika diatur 100 persen ke roda depan, Ioniq 5 N bertransisi dari all wheel drive menjadi seperti mobil penggerak depan, memberikan rasa understeer saat masuk tikungan dengan kecepatan tinggi. Begitu pula saat dipindah ke roda belakang 100 persen, mobil menjadi lebih responsif saat masuk tikungan.
Track Day Hyundai Ioniq 5 N di Sirkuit Mandalika
Di sesi terakhir sebelum memasuki lurusan panjang, penguji mencobanya menggunakan N Grin Boost (NGB) dengan menekan tombol merah pada setir. Tenaga dari 600 TK meningkat menjadi 641 TK, sedangkan torsi naik dari 740 Nm menjadi 770 Nm.
Hasilnya, dorongan tenaga memberi akselerasi yang lebih instan dibandingkan saat menggunakan launch control. Saat mencapai akhir lintasan, penguji melihat speedometer menunjukkan angka di atas 200 km/jam, perlu menginjak rem sebelum memasuki tikungan pertama.
Selama sesi penuh di Sirkuit Mandalika, penguji mengaktifkan fitur N e-Shift dari awal hingga akhir, memberikan sensasi ganti gigi seolah-olah mengendarai mobil bensin.
Track Day Hyundai Ioniq 5 N di Sirkuit Mandalika
Di tikungan ke-8, 9, dan 10, penguji menekan tombol NGB lagi untuk memaksimalkan tenaga dan torsi. Mobil dengan penuh kecepatan dapat melibas tikungan yang mengalir dengan mudah.
Secara keseluruhan, setelah mencoba Ioniq 5 N di trek, terlihat bahwa Hyundai berhasil menciptakan mobil listrik yang unik. Ioniq 5 N tidak hanya nyaman digunakan sehari-hari, tetapi juga dapat diandalkan di trek, setara dengan mobil sport tanpa perlu tambahan modifikasi.