JAKARTA – Pertumbuhan mobil dengan transmisi otomatis (matik) semakin pesat, yang pada gilirannya mendorong pertumbuhan bengkel spesialis transmisi matik.
Sama halnya dengan bengkel umum yang menangani servis mesin, bengkel khusus transmisi matik juga perlu memiliki standar operasional prosedur (SOP) yang jelas.
Perbaikan transmisi mobil matik di bengkel Domo Transmisi, Kelapa Gading, Jakarta Utara.
Freddy Karya, supervisor Dokter Mobil (Domo) Transmisi di Kelapa Gading, Jakarta Utara, menyatakan bahwa mereka telah mempelajari standar perbaikan transmisi matik yang benar hingga ke Malaysia.
“Kami ingin menjadikan ini se-profesional mungkin, karena di bengkel matik itu belum ada standar yang baku,” ungkap Freddy.
“Bukan bermaksud merendahkan bengkel lain, tetapi ada yang melakukan pembongkaran transmisi di lantai, bahkan hanya dialasi kardus. Seharusnya, proses overhaul dilakukan di atas meja. Selain itu, suku cadang yang kotor harus dicuci bersih terlebih dahulu,” tambahnya.
Transmisi mobil matik
Freddy menegaskan bahwa SOP sangat penting dalam proses perbaikan. SOP tidak mempersulit, tetapi justru mempermudah proses bongkar-pasang dan perbaikan.
“Jika setelah dipasang ada yang kurang, maka harus dibongkar lagi. Kami terus belajar. Saat ini, kami sedang memesan mesin khusus untuk memeriksa selenoid,” jelasnya.