BeritaTeknologi

TWS Apple AirPods 4 Dirilis, Bawa Fitur Peredam Suara Baru

×

TWS Apple AirPods 4 Dirilis, Bawa Fitur Peredam Suara Baru

Share this article
TWS Apple AirPods 4 Dirilis, Bawa Fitur Peredam Suara Baru

Earphone True Wireless Stereo (TWS) AirPods 4 resmi dirilis dalam acara Apple Event bertema “It’s Glowtime” di Cupertino, Amerika Serikat pada Senin (9/9/2024) waktu setempat, atau Selasa dini hari waktu Indonesia. Earbuds ini diluncurkan bersamaan dengan seri iPhone 16 dan Apple Watch Series 10.

AirPods 4 hadir dalam dua varian, yaitu varian standar dan versi dengan fitur Active Noise Cancellation (ANC). Ini menandai pertama kalinya Apple meluncurkan dua versi earbuds yang berbeda dalam satu model AirPods.

Desain AirPods 4, baik versi standar maupun ANC, memiliki kemiripan yang signifikan dengan generasi sebelumnya. Keduanya masih menggunakan desain open-ear tanpa eartips seperti AirPods Pro.

Peningkatan pada aspek desain terletak pada charging case AirPods 4. Apple memperbarui charging case dari perangkat TWS ini menjadi lebih ringan dan mengklaim bahwa cangkangnya adalah yang paling ringan dan paling portable dari generasi AirPods sebelumnya.

Bobot charging case AirPods 4 adalah 32,3 – 34,7 gram, lebih ringan daripada charging case AirPods 3 yang memiliki bobot 37,91 gram.

Apple AirPods 4 meluncur bersama iPhone 16 series di Apple Event It’s Glowtime

Selain itu, charging case AirPods 4 dilengkapi dengan speaker kecil, sehingga lebih mudah ditemukan saat tersimpan menggunakan fitur Find My, atau memberikan notifikasi ketika ada panggilan masuk.

Peningkatan lain terletak pada jeroan perangkat, di mana Apple menambahkan sejumlah fitur baru termasuk ANC dan berbagai fitur yang meningkatkan kualitas audio earbuds nirkabel tersebut.

Fitur ANC, sebelumnya hanya tersedia untuk AirPods Pro, kini juga melengkapi AirPods 4, khususnya versi ANC.

Spesifikasi AirPods 4 dan AirPods 4 ANC

AirPods 4 ditenagai oleh chip H2, yang merupakan peningkatan dari generasi sebelumnya, chip H1. Chip ini mampu menawarkan berbagai fitur termasuk Voice Isolation untuk kualitas suara jernih saat bertelepon, terlepas dari kondisi sekitar, serta gerakan angguk atau geleng untuk berinteraksi dengan asisten Siri.

Apple juga mengklaim bahwa AirPods 4 dilengkapi arsitektur akustik baru dan pelacakan kepala dinamis untuk pengalaman audio spasial yang lebih baik. TWS ini juga memiliki mikrofon ganda dan sensor gaya yang dapat digunakan untuk mengoperasikan pemutaran musik, panggilan, dan lainnya.

Mengenai daya, AirPods 4 diklaim menawarkan daya tahan hingga 30 jam dengan pengisian ulang menggunakan charging case. Khusus untuk AirPods 4 ANC, daya tahannya bisa mencapai 20 jam bila fitur ANC diaktifkan.

Pengisian ulang pada charging case AirPods 4 kini didukung dengan port USB-C, menggantikan port Lightning yang sebelumnya digunakan pada AirPods 3. Cangkang AirPods 4 ANC juga mendukung pengisian daya nirkabel.

AirPods 4 meluncur bersama iPhone 16 series di Apple Event It's GlowtimeApple AirPods 4 meluncur bersama iPhone 16 series di Apple Event It’s Glowtime

Fitur peredam bising di AirPods 4 ANC beroperasi secara dua arah, sehingga suara sekitar pengguna akan diredam saat mendengarkan musik atau melakukan panggilan telepon.

Terdapat pula berbagai mode ANC, seperti mode Transparency yang memungkinkan pengguna tetap mendengar suara lingkungan sambil mendengarkan musik, atau mode Adaptive Audio yang menyesuaikan fokus suara berdasarkan kondisi lingkungan, serta mode Conversation Awareness yang akan menurunkan volume media saat pengguna berbicara dengan orang di dekatnya.

Harga AirPods 4 versi standar dibanderol seharga 129 dollar AS (sekitar Rp 1,9 juta), sedangkan AirPods 4 ANC dibanderol seharga 179 dollar AS (sekitar Rp 2,7 juta).

Pemesanan AirPods 4 melalui toko online resmi telah dibuka di Amerika Serikat, dan TWS ini akan tersedia mulai Jumat (20/9/2024).

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *