BeritaTeknologi

Tombol Serupa “Camera Control” di iPhone 16 Sudah Lama Hadir di HP Android

×

Tombol Serupa “Camera Control” di iPhone 16 Sudah Lama Hadir di HP Android

Share this article
Tombol Serupa “Camera Control” di iPhone 16 Sudah Lama Hadir di HP Android

Apple baru saja meluncurkan iPhone 16 series dalam acara Apple Event bertema “It’s Glowtime” di Cupertino, Amerika Serikat pada Senin (9/9/2024) waktu setempat.

Salah satu fitur baru pada ponsel pintar generasi terbaru ini adalah tombol “Camera Control” yang dirancang khusus untuk mengoperasikan aplikasi kamera.

Apple Ilustrasi aneka tombol termasuk tombol Camera Control di iPhone 16

Tombol Camera Control terletak di sisi kanan bawah ponsel, yang mirip dengan tombol pada kamera digital atau DSLR. Ketika ponsel digunakan dalam posisi landscape, tombol itu berfungsi seperti tombol shutter di kamera DSLR atau mirrorless.

Tombol ini tidak hanya digunakan untuk mengambil foto, tetapi juga dapat mengatur zoom dan menentukan fokus objek.

Meskipun fitur ini baru untuk iPhone, fungsi serupa telah lama ada pada perangkat Android. Pengguna Android dapat menggunakan tombol daya (power) untuk meluncurkan kamera, bahkan ketika ponsel terkunci, cukup dengan menekan tombol daya dua kali dengan cepat.

Tombol volume dan daya Xiaomi 12 LiteLely Maulida Tombol volume dan daya Xiaomi 12 Lite

Beberapa merek smartphone Android lainnya juga menawarkan fitur serupa dengan metode yang sedikit berbeda. Contohnya, Asus Zenfone 11 Ultra yang memerlukan pengguna untuk menekan dan menahan tombol power untuk mengaktifkan kamera.

Tidak hanya untuk aplikasi kamera, pengguna smartphone Android juga dapat mengatur tombol power untuk mengakses fungsi lain, seperti membuka Google Assistant atau mematikan lampu flash LED, semua opsi ini tersedia di menu Pengaturan ponsel.

Bisa zoom in, zoom out

Walaupun memiliki beberapa kesamaan, Camera Control pada iPhone 16 menawarkan fungsi yang lebih komprehensif. Tombol ini tidak hanya untuk mengambil foto, tetapi juga dapat digunakan untuk mengatur fokus, eksposur, dan memperbesar gambar, mirip dengan tombol pada kamera DSLR.

Ilustrasi pengoperasian tombol Camera Control di iPhone 16Apple Ilustrasi pengoperasian tombol Camera Control di iPhone 16

Pengguna dapat menekan tombol dengan lembut untuk memfokuskan kamera pada objek, sedangkan tekanan penuh akan digunakan untuk mengambil gambar. Tombol ini juga sensitif terhadap sentuhan dan dapat digeser untuk menyesuaikan pengaturan zoom, dengan antarmuka zoom yang muncul di layar di bawah tombol Camera Control.

Apple juga mengintegrasikan Camera Control dengan fitur “Visual Intelligence”. Fitur ini memungkinkan pengguna mengarahkan kamera pada objek atau pemandangan tertentu untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai objek tersebut, mirip dengan Google Lens atau Circle to Search di beberapa smartphone Samsung.

Sebelumnya, Apple memperkenalkan Action Button di iPhone 15 Pro, yang dapat meluncurkan aplikasi kamera dengan menekan dan menahan tombol. Namun, metode ini dianggap kurang responsif dalam meluncurkan kamera, terutama karena posisinya yang kurang ergonomis di sisi kiri atas ponsel.

Oleh karena itu, hadirnya Camera Control di iPhone 16 series dinilai sebagai peningkatan yang berarti, meskipun fungsi serupa telah ada pada smartphone Android selama sepuluh tahun terakhir.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *