BeritaOtomotif

Tips Aman Menaklukkan Tanjakan Pakai Skutik di Jalan Pegunungan

×

Tips Aman Menaklukkan Tanjakan Pakai Skutik di Jalan Pegunungan

Share this article
Tips Aman Menaklukkan Tanjakan Pakai Skutik di Jalan Pegunungan

JAKARTA – Berkendara di jalan pegunungan sering kali menjadi tantangan tersendiri bagi pengendara skuter matik (skutik). Salah satu tantangan yang dihadapi adalah ketika harus melewati tanjakan curam sepanjang rute.

Agar tetap aman saat berkendara, ada beberapa tips penting yang perlu diperhatikan.

Menurut Agus Sani, Kepala Promosi Keselamatan Berkendara PT Wakmur Makmur Sejati, memilih rute yang tidak terlalu menanjak adalah langkah pertama yang harus dipertimbangkan oleh pengendara skutik.

“Rute dengan kemiringan yang lebih landai akan memudahkan skutik untuk terus berjalan tanpa perlu usaha ekstra dari pengendara. Ini sangat penting untuk menjaga keamanan saat berkendara,” ujar Agus Sani.

Namun, jika tanjakan curam tidak dapat dihindari, pengendara perlu menjaga kecepatan agar tetap stabil dan menghindari pengereman di tengah tanjakan.


wahana Tips berkendara di tanjakan dengan skutik.

Menghentikan kendaraan di tengah tanjakan dapat berisiko, karena skutik memerlukan momentum yang cukup untuk kembali bergerak ke atas.

“Ketika skutik berhenti di tengah tanjakan, bukan hanya mempersulit kendaraan untuk kembali melaju, tetapi juga meningkatkan risiko kehilangan kendali,” kata Agus.

Untuk mengantisipasinya, pengendara harus mengambil ancang-ancang dan mulai menambah kecepatan sebelum mencapai tanjakan.

Dengan mengikuti tips ini, pengendara skutik dapat lebih percaya diri menaklukkan tanjakan di jalan pegunungan dan menikmati perjalanan dengan aman.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *