BeritaOtomotif

Tiada Alasan Lupa Memasang Sabuk Keselamatan

×

Tiada Alasan Lupa Memasang Sabuk Keselamatan

Share this article
Tiada Alasan Lupa Memasang Sabuk Keselamatan

KLATEN – Sabuk keselamatan pada mobil selalu menjadi bagian penting dalam menjaga ketertiban berlalu lintas. Tak jarang petugas kepolisian menindak pengendara yang lalai tidak mengenakan sabuk keselamatan.

Manfaat memasang sabuk keselamatan sangat banyak, dan tidak hanya dirasakan saat terjadi kecelakaan.

Ketika mobil mengalami kecelakaan, benturan dapat menyebabkan mobil berhenti mendadak, yang membuat penumpang terdorong ke depan akibat gaya dinamis. Tanpa sabuk keselamatan, penumpang bisa mengalami cedera serius.

Hardi Wibowo, Pemilik Aha Motor Yogyakarta, menekankan pentingnya pemasangan sabuk keselamatan setiap kali berkendara, mengingat segala sesuatu bisa terjadi di jalan raya.

“Sabuk keselamatan tidak hanya bermanfaat ketika kecelakaan, tetapi juga saat terjadi pengereman mendadak. Dampak dari rem mendadak sangat mirip, penumpang bisa terlempar ke depan,” ungkap Hardi.

Ia menjelaskan bahwa pengereman mendadak dapat memperlambat laju mobil dengan sangat drastis. Penumpang akan merasakan gaya dorong ke depan yang kuat, yang berpotensi menyebabkan cedera.

Penumpang mobil di tengah juga harus menggunakan sabuk pengaman.

“Sabuk keselamatan akan menahan tubuh penumpang, karena cara kerjanya akan mencegah sabuk mengendur dalam tarikan mendadak, sehingga penumpang tetap tertahan. Mobil modern dilengkapi dengan airbag dan pretensioner, menawarkan perlindungan yang lebih canggih,” lanjut Hardi.

Ia menjelaskan bahwa mobil modern dengan pretensioner akan menarik penumpang agar tetap dekat dengan sandaran kursi saat terjadi kecelakaan.

“Ketika sensor mendeteksi benturan, tubuh penumpang akan ditarik dan didekap oleh kursi. Beberapa desain kursi mobil juga membantu menekuk leher penumpang untuk mengurangi risiko cedera,” tambah Hardi.

Oleh karena itu, pemakaian sabuk keselamatan selama perjalanan sangat penting, dan tidak ada alasan untuk lupa memakainya sebelum berkendara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *