BeritaOtomotif

Tes Lengkap Burgman Street 125EX, dari Desain sampai Biaya Kepemilikan

×

Tes Lengkap Burgman Street 125EX, dari Desain sampai Biaya Kepemilikan

Share this article
Tes Lengkap Burgman Street 125EX, dari Desain sampai Biaya Kepemilikan

JAKARTA – Suzuki Burgman Street 125EX yang diperkenalkan di ajang IMOS 2023 merupakan skutik dengan desain gambot, namun memiliki kapasitas mesin yang kecil.

Secara dimensi, Burgman Street 125EX memiliki ukuran (PxLxT) 1.875 mm x 700 mm x 1.140 mm, serta jarak sumbu roda 1.290 mm.

Dimensinya dapat dibandingkan dengan Honda Vario 125 atau Yamaha Freego 125. Namun, posisi berkendara yang ditawarkan mirip dengan NMAX atau PCX, dengan setang yang lebih rendah.

Selanjutnya, Burgman Street 125EX menggunakan ban berukuran 90/90-R12 di depan dan 100/80-R12 di belakang.

Test ride Suzuki Burgman Street 125EX

Dengan bodi yang besar dan roda kecil, desain motor ini terasa cukup unik dibandingkan dengan para pesaingnya.

Walaupun tampilannya terbilang unik, motor ini menawarkan kepraktisan dan fungsionalitas yang tinggi. Sangat cocok untuk Anda yang memanfaatkan motor untuk aktivitas sehari-hari.

Burgman Street 125EX dilengkapi beberapa kompartemen yang sangat berguna bagi pengendara. Pada laci depan, selain bisa menyimpan ponsel pintar, juga tersedia tempat untuk mengisi daya. Di laci depan kiri, ada ruang yang cukup untuk menampung botol air mineral 600 ml.

Sementara di laci sebelah kanan terdapat ruang terbuka untuk menyimpan sarung tangan, uang receh untuk parkir, atau barang-barang lainnya.

Kemudian, di dek tengah terdapat dua gantungan, yakni di bawah setang dan di bawah jok. Dek motor ini cukup lebar dan bisa digunakan untuk menyimpan galon atau tas berukuran besar.

Keunggulan lainnya adalah bagasi seluas 21,5 liter, yang dapat menampung beberapa jenis helm. Saat tidak digunakan untuk menyimpan helm, bagasi ini sangat berguna untuk menyimpan berbagai keperluan pengendara.

Mengenai fitur, meskipun tidak termasuk yang paling canggih, Suzuki Burgman Street 125EX dilengkapi dengan berbagai fitur dan teknologi. Terdapat panel instrumen berupa layar LCD monokrom yang mirip dengan kebanyakan motor Suzuki terbaru.

Informasi yang ditampilkan cukup lengkap, termasuk spidometer digital besar, indikator suhu mesin di sebelah kanan, fuel meter, jam digital, fuel cons. realtime, fuel cons. average, odometer, tripmeter A & B, tegangan aki, serta pengingat interval penggantian oli.

Test ride Suzuki Burgman Street 125EXTest ride Suzuki Burgman Street 125EX

Pada sisi kanan dan kiri layar LCD terdapat indikator lampu jauh, sein, indikator MIL, serta indikator ECO yang akan menyala hijau, dan indikator EASS (Engine Auto Stop-Start) yang aktif saat diaktifkan.

Fitur EASS dapat diaktifkan dengan menekan tombol di setang kanan, yang juga berfungsi sebagai tombol start.

Tingkat kecerahan layar juga cukup baik, sehingga dapat terlihat jelas baik siang maupun malam hari.

Di bagian kompartemen sebelah kiri terdapat USB power outlet 2A, yang berguna untuk mengisi daya ponsel pintar, lengkap dengan penutup untuk keamanan.

Test ride Suzuki Burgman Street 125EXTest ride Suzuki Burgman Street 125EX

Di sisi lain, Burgman Street masih menggunakan kunci kontak konvensional dan belum dilengkapi dengan model Smart Key.

Meski demikian, sistem kunci ini sudah memiliki pengaman magnet yang dapat ditutup dengan menekan tombol. Lubang kunci juga berfungsi untuk membuka bagasi, sehingga tidak perlu mencabut anak kunci.

Sistem pengereman motor ini menggunakan cakram berukuran 190 mm yang dijepit oleh kaliper Nissin 1 piston di depan, sementara rem belakang menggunakan teromol. Performa pengereman tergolong biasa, namun tuas rem terasa empuk saat digunakan.

Untuk suspensi, bagian depan menggunakan jenis teleskopik, sedangkan sokbreker belakang masih menggunakan tipe single shock. Bantingannya terasa nyaman saat digunakan berboncengan, sementara saat berkendara sendirian terasa sedikit kaku.

Kredit untuk Suzuki Burgman Street 125EX, cicilan mulai Rp 700.000

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *