BeritaOtomotif

Tes Konsumsi BBM Mitsubishi Xpander Cross

×

Tes Konsumsi BBM Mitsubishi Xpander Cross

Share this article
Tes Konsumsi BBM Mitsubishi Xpander Cross

JAKARTA – Mitsubishi New Xpander Cross adalah low sport utility vehicle (LSUV) yang menjadi andalan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI). Mobil ini dilengkapi dengan mesin berkode 4A91, berkapasitas 1.500 cc, yang menggunakan teknologi MIVEC.

Di atas kertas, mesin tersebut memiliki kemampuan untuk menghasilkan tenaga sebesar 105 PS atau setara 103 Tk dan torsi maksimal 141 Nm.

Dengan dimensi bodi yang cukup besar, yaitu 4.500 mm x 1.800 mm x 1.750 mm, mobil ini dapat menampung hingga 7 penumpang. Lalu, bagaimana dengan konsumsi bahan bakarnya untuk penggunaan sehari-hari?


Sumber: Aditya Maulana Konsumsi BBM rata-rata Xpander Cross untuk menempuh jarak 403,9 Km.

Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan oleh tim redaksi, sejauh 403,9 Km, Xpander Cross mampu mencapai konsumsi bahan bakar rata-rata 20,6 km per liter, sesuai dengan informasi yang ditampilkan di multi information display (MID).

Sistem rata-rata konsumsi BBM yang ditampilkan pada MID mengambil data dari ECU berdasarkan pengukuran jarak dan pengurangan jumlah BBM di dalam tangki. Oleh karena itu, metode ini cukup valid untuk diikuti.

Tim redaksi melewati rute kombinasi antara jalan tol dan dalam kota, dengan kondisi lalu lintas yang relatif lancar. Namun, perlu dicatat bahwa dalam pengujian tersebut, tim sempat terjebak dalam kemacetan di jalan tol.

Rute yang dilalui yaitu dari dalam kota Bogor, masuk ke tol Jagorawi, menuju Bandara Soekarno Hatta, lalu kembali lagi ke Bogor dan berkendara di sekitaran Bogor Kota.

Seperti yang diketahui, konsumsi BBM pada suatu mobil juga sangat dipengaruhi oleh kondisi lalu lintas. Ketika mobil berhenti dalam kemacetan, mesin tetap hidup dan bahan bakar akan terpakai, sedangkan jarak yang ditempuh tidak bertambah.

Selain itu, kualitas bahan bakar yang digunakan juga berpengaruh terhadap konsumsi. Tim redaksi mengisi tangki BBM Xpander Cross dengan Pertamax atau setara bensin RON 92. Dengan menggunakan jenis bahan bakar yang tepat sesuai dengan rekomendasi pabrikan, diharapkan tenaga mesin dapat mencapai potensi optimalnya.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *