BeritaOtomotif

Terus Berinovasi, Bengkel Motor Ini Konversi Jetski Listrik

×

Terus Berinovasi, Bengkel Motor Ini Konversi Jetski Listrik

Share this article
Terus Berinovasi, Bengkel Motor Ini Konversi Jetski Listrik

JAKARTA – Sudah menjadi kebiasaan bagi Divo Gimbal untuk mengonversi sepeda motor konvensional menjadi motor listrik. Namun, rasa puas itu tidak cukup. Ia bertekad untuk terus berinovasi.

Penggiat bengkel Orang Senang Garage ini memutuskan untuk menciptakan “mainan baru” berupa jetski yang dikonversi menjadi listrik. Ini bisa dianggap sebagai jetski konversi pertama di Indonesia.

“Saya tergerak untuk melakukan konversi menjadi listrik karena melihat borosnya BBM pada jetski. Dengan konversi ini, kita sudah mengurangi emisi sebesar 160 Kg CO2,” kata Divo pada Kamis (19/9/2024).


Foto: Divo Gimbal Jetski konversi listrik

Hasilnya, seluruh mesin jetski Kawasaki 1000 ZXi diganti dengan perangkat listrik. Divo tidak menjelaskan secara rinci mengenai komponen yang digunakan, tetapi menjelaskan mengenai tenaga jetski ini.

“Saat ini tenaganya mencapai 40 kW dengan kecepatan maksimal 50 km/jam dan baterai dapat bertahan selama 1 jam,” ungkap Divo.

Divo menyebut ada tantangan tersendiri saat melakukan konversi jetski. Pertama, tenaga yang dibutuhkan sangat besar, sehingga memerlukan komponen atau dinamo yang setara. Jika tidak, jetski akan kurang bertenaga.

Kemudian, tantangan berikutnya adalah membuat perangkat elektronik seperti motor listrik, baterai, dan pengontrol yang kedap air. Ini sangat penting karena jetski digunakan di atas air, termasuk air laut.


Foto: Divo Gimbal Jetski konversi listrik

“Kesulitannya adalah mencapai standar performa yang sama dengan mesin konvensional, serta memastikan agar mesin listrik tidak terkena air,” ujarnya.

Divo menambahkan, selain harus tahan air, baterai dan motor listrik juga perlu anti goncang karena jetski akan menghadapi ombak saat digunakan di laut.

“Sejauh ini baterai aman. Bahkan kemarin sempat jatuh ke air dan dynamo serta kontroler-nya tetap aman. Kami tinggal membuat boks untuk baterai yang kedap air,” jelas Divo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *