BeritaOtomotif

Spesifikasi Ducati Multistrada V4 RS, Motor Petualang Mesin Superbike

×

Spesifikasi Ducati Multistrada V4 RS, Motor Petualang Mesin Superbike

Share this article
Spesifikasi Ducati Multistrada V4 RS, Motor Petualang Mesin Superbike

TANGERANG – Motor petualang terkuat dari Ducati, Multistrada V4 RS, kini resmi dijual di Indonesia. Dengan harga Rp 1,32 miliar, Ducati Indonesia hanya membawa lima unit tahun ini, dan saat ini hanya tersisa satu unit.

Pengamatan visual menunjukkan bahwa motor ini memiliki tampilan yang mirip dengan Multistrada V4. Namun, perubahan signifikan terlihat pada bahan yang digunakan, rangka belakang, hingga mesin.

Sebagai contoh, beberapa komponen bodi dibuat dari serat karbon seperti sepatbor depan, bodi, dan windshield.

Desain bodi belakang berbeda dari Multistrada V4 biasa, memberikan kesan lebih sporty yang mencerminkan karakter motor yang cepat. Penambahan ornamen berwarna merah, termasuk di kaliper rem dan palang pelek, juga menjadi daya tarik tersendiri.

Dito Mulyawadi, Direktur Aftersales Ducati Indonesia, mengungkapkan bahwa Multistrada V4 RS dilengkapi dengan mesin paling kuat dan cepat dibandingkan model lainnya, yaitu Desmosedici Stradale 1.103cc yang umum pada Panigale V4.

“Mesin ini termasuk yang paling sporty, dengan spesifikasi Desmosedici Stradale 1103 desmodromic, dilengkapi dry clutch, rear cylinder deactivation, dan quick shifter. Tenaganya mencapai 180 TK dengan torsi 118 Nm,” jelas Dito pada acara peluncuran di ICE BSD, Jumat (16/8/2024).

Fathan Ducati Multistrada V4 RS resmi meluncur di Indonesia

Fitur seperti dry clutch memungkinkan penggunaan oli mesin khusus dari Ducati Performance. Dengan penggunaan oli tersebut, mesin bisa meningkat sekitar 2,5 TK.

Sama halnya dengan mesin V4 di Panigale, terdapat fitur rear cylinder deactivation, di mana dua piston terdekat dengan pengendara akan mati saat tidak digunakan, seperti dalam kemacetan atau posisi netral.

Ducati Multistrada V4 RS Adityo Ducati Multistrada V4 RS

Multistrada V4 RS dilengkapi dengan knalpot Akrapovic yang homologated, sesuai standar Eropa. Tersedia juga versi balap sebagai aksesori yang mampu menambah tenaga hingga 12 TK dan torsi 2 Nm.

Untuk rangka, Multistrada V4 RS menggunakan lengan ayun baru, single sided dan sub frame dari titanium, yang mengurangi bobot sekitar 2,5 Kg.

Dari segi pelek, motor ini menggunakan ukuran 17 inci dari Marchesini, lebih ringan 2,7 Kg. Suspensi depan dan belakang menggunakan merek Öhlins dengan setelan yang sama seperti pada Panigale V4 RS.

Ducati Multistrada V4 RS Adityo Ducati Multistrada V4 RS

Untuk kenyamanan berkendara, terdapat air deflector yang diarahkan ke bagian kaki pengendara, sehingga saat berkendara, angin dapat mengarah ke kaki.

Dari sisi ergonomi, setang Multistrada V4 RS dirancang lebih pendek dan rendah, dan posisi dudukan kakinya lebih tinggi dan mundur, menghasilkan handling yang lebih sporty dibandingkan Multistrada biasa.

Secara keseluruhan, bobot Multistrada V4 RS lebih ringan 7 kg dibandingkan Multistrada V4S, dengan perubahan juga dilakukan pada sistem elektroniknya.

Ducati Multistrada V4 RS Adityo Ducati Multistrada V4 RS

Contohnya, pada speedometer terdapat logo RS serta bendera kotak-kotak hitam putih ketika motor digunakan dalam mode Race.

Sistem keselamatanaktif dengan radar juga terdapat pada Multistrada V4 RS, yang mencakup adaptive cruise control dan blind spot monitoring.

Motor ini hanya tersedia dalam satu warna, yaitu putih es Berg dengan livery RS, dan dijual seharga Rp 1,32 miliar OTR Jakarta.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *