BeritaEntertainmentSelebritis

Sophie Tobelly Ingatkan Remaja Pentingnya Etika dalam Bermedia Sosial

×

Sophie Tobelly Ingatkan Remaja Pentingnya Etika dalam Bermedia Sosial

Share this article
Sophie Tobelly Ingatkan Remaja Pentingnya Etika dalam Bermedia Sosial

Fashion desainer sekaligus kreator konten Sophie Tobelly diundang sebagai pembicara dalam webinar bertajuk “Makin Cakap Digital”. Acara yang berlangsung pada Selasa (10/9/2024) ini dilaksanakan di beberapa sekolah di Ambon.

Webinar yang telah mencapai episode ke-38 ini mengusung tema “Periksa Fakta Sederhana”. Pedoman beretika dalam menggunakan media sosial dianggap sangat penting saat menyebarkan informasi.

Selain Sophie Tobelly, terdapat pembicara lain dalam webinar ini, yaitu Dedy Triawan selaku CTO Teman Baik Indonesia yang membawakan pilar Cakap Digital, dan Putri Masyita seorang Kreator Konten Digital yang membawakan pilar Etika Digital.

Sophie menyampaikan, “Kenapa kita harus memperhatikan Etika Digital? Tentu saja karena kita adalah Digifriends (sebutan bagi peserta webinar) yang beretika. Ada perbedaan kultural, standar baru etika, sering berhubungan dengan banyak orang, dan berkolaborasi dengan orang lain, baik secara offline maupun online kita perlu etika,” melalui keterangan tertulis pada Selasa (10/09/2024).

Sophie kemudian menjelaskan kepada Digifriends mengenai pentingnya etika digital dalam pemeriksaan fakta sederhana. Ada empat ruang lingkup dalam etika digital, yaitu kesadaran, tanggung jawab, integritas, dan kebajikan.

“Keempat hal ini bisa dijadikan pedoman dalam menerima dan menyebarkan informasi di internet, karena dalam 60 menit terdapat jutaan informasi yang beredar,” kata pendiri Digital Influencer Indonesia ini.

Menurut Sophie, banyak ujaran kebencian yang beredar yang harus kita waspadai. Kita dianjurkan untuk bergabung dengan komunitas anti hoax dan mewaspadai hate speech di internet agar kita dapat menjadi pribadi yang berkualitas dan dapat menjadi panutan bagi Digifriends lainnya.

“Mari kita rayakan teknologi, hormati ilmu pengetahuan, dukung semua bentuk kemajuan, tetapi semua harus demi mengangkat derajat manusia. Etika ada karena kita adalah manusia,” tambah Sophie.

Webinar Makin Cakap Digital adalah upaya literasi digital untuk anak muda yang digagas oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi. Webinar ini dianggap penting untuk memberikan informasi yang relevan dan diharapkan menjadi pedoman bagi Generasi Z di tengah derasnya arus informasi di dunia internet.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *