BeritaEntertainmentSelebritis

Sejarah Kaskus, Trending Topic Usai Netizen Ungkap Isi Akun Diduga Milik Gibran

×

Sejarah Kaskus, Trending Topic Usai Netizen Ungkap Isi Akun Diduga Milik Gibran

Share this article
Sejarah Kaskus, Trending Topic Usai Netizen Ungkap Isi Akun Diduga Milik Gibran

Kaskus Trending di Media Sosial

Kaskus kini menjadi perbincangan hangat di platform media sosial X. Media sosial yang terkenal di Indonesia pada tahun 2000-an ini kembali menjadi topik hangat di kalangan netizen.

Menurut informasi pada Sabtu (31/8/2024), Kaskus telah mendapatkan 42 ribu cuitan. Ketika kata ini diklik, banyak diskusi yang berfokus pada akun yang diduga milik Gibran Rakabuming Raka.

Ada dua akun Kaskus yang teridentifikasi, yaitu @rkgbrn dan @fufufafa, yang dicurigai merupakan milik Gibran.

Netizen mulai mengungkap jejak digital dari dua akun Kaskus ini, yang berisi berbagai diskusi politik. Salah satu contoh, akun Fufufafa berkomentar di thread berjudul “Buruh: Kami Perlu Naik Kelas!”

“Pengen naik kelas? Jadi pengusaha aja tong,” balas akun Fufufafa.

Tidak hanya itu, terdapat banyak thread lama lain yang diunggah oleh akun Fufufafa mengenai politik serta mendukung berita-berita seputar Jokowi.

Sejarah Kaskus

Kaskus didirikan oleh tiga mahasiswa Indonesia yang sedang belajar di Seattle, Amerika Serikat, yaitu Andrew Darwis, Ronald, dan Budi pada 6 November 1999.

Awalnya, ketiganya membuat Kaskus untuk memenuhi tugas kuliah dan juga untuk mengobati rasa rindu mahasiswa Indonesia di luar negeri.

Website ini terus berkembang. Namun, pada 2006, Kaskus sempat mengganti domainnya dari .com menjadi .us akibat penyebaran virus Brontok yang menyerang situs besar di Indonesia. Kaskus kemudian beralih ke kaskus.us.

Pada tahun 2008, Andrew Darwis dan Ken Dean Lawadinata berupaya mengelola Kaskus secara lebih profesional dengan membentuk tim dan infrastruktur di Indonesia.

Mereka mendirikan PT. Darta Media Indonesia yang mengelola Kaskus. Reformasi dilakukan dengan melakukan rebranding dan menciptakan perilaku berinternet yang sehat serta mematuhi UU ITE.

Langkah-langkah profesional ini berhasil meningkatkan jumlah pengguna Kaskus hingga mencapai 10 juta member. Tahun 2011, Kaskus menjalin kemitraan dengan Global Digital Prima, sebuah perusahaan yang fokus pada pengembangan industri digital dan konten lokal Indonesia.

Kaskus terus tumbuh pesat hingga pada 26 Mei 2012 Kaskus kembali menggunakan alamat situs resmi kaskus.com dan kaskus.co.id.

Kronologi Akun Kaskus Diduga Milik Gibran

Sosok di balik kedua akun tersebut diyakini oleh netizen adalah Gibran. Salah satu buktinya adalah kepemilikan akun tersebut yang sempat diungkap oleh adik Gibran, Kaesang Pangarep.

Kronologinya, Kaesang pernah mengunggah ucapan selamat ulang tahun untuk Gibran pada 1 Oktober 2011 dan menandai akun Twitter Gibran yang bernama @rkgbrn.

Beberapa netizen kemudian mulai mengeksplorasi perilaku Gibran dengan me-retweet ucapan selamat ulang tahun dari Kaesang. Mereka merasa miris dengan komentar-komentar Gibran di Kaskus. Bahkan, seorang netizen mengungkap nama akun Kaskus milik Gibran sebagai Raka Gnarly.

Temuan akun Kaskus diduga milik Gibran Rakabuming Raka.
Temuan akun Kaskus diduga milik Gibran Rakabuming Raka.

Akun bernama Raka Gnarly dibuat pada Desember 2006, namun akun ini terakhir aktif dan memberikan komentar pada 7 Oktober 2011.

Pemilik akun Raka Gnarly mulai diyakini sebagai Gibran setelah mengalami masalah lupa password. Hal ini membuatnya membuka akun Kaskus baru bernama Fufufafa pada Juli 2013.

Melalui akun baru ini, sosok yang diduga Gibran mengonfirmasi bahwa ia adalah pemilik akun Kaskus dengan nama Raka Gnarly dan mengaku juga sebagai pemilik akun Twitter @rkgbrn, yang sebelumnya telah dikonfirmasi Kaesang sebagai akun milik kakaknya, Gibran.

Namun, hingga kini akun Kaskus Fufufafa sudah tidak aktif. Akun yang diduga milik Gibran tersebut terakhir memberikan komentar pada 14 November 2019.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *