BeritaOtomotif

Sebelum Modifikasi Ban, Pahami Pentingnya Indeks Beban

×

Sebelum Modifikasi Ban, Pahami Pentingnya Indeks Beban

Share this article
Sebelum Modifikasi Ban, Pahami Pentingnya Indeks Beban

JAKARTA – Modifikasi ban merupakan salah satu cara yang diambil pengendara atau pemilik mobil untuk meningkatkan tampilan dan performa kendaraan mereka.

Namun, sering kali pengendara tidak menyadari beberapa kesalahan umum saat melakukan perubahan ukuran ban, yang bisa berdampak negatif pada keselamatan berkendara.

Menurut Zulpata Zainal, Manajer Uji Kendaraan di PT Gajah Tunggal Tbk, salah satu kesalahan yang paling sering terjadi adalah mengabaikan indeks beban.

“Modifikasi ukuran ban, baik memperlebar, mempersempit, memperbesar, atau memperkecil diameter, bisa dilakukan. Namun, indeks beban minimal harus sama atau lebih tinggi dibandingkan ban asli,” jelas Zulpata.

Indeks beban ini adalah angka yang menunjukkan kapasitas beban maksimum yang dapat ditahan oleh ban dan biasanya tertera pada sisi dinding ban.


Sumber: Foto Ilustrasi

Kesalahan lain yang sering dilakukan adalah memilih ban yang ukurannya tidak sesuai dengan bodi atau suspensi kendaraan.

“Yang penting, modifikasi ban tidak boleh membuat ban menyentuh bodi atau suspensi, karena dapat mengganggu kinerja kendaraan dan membahayakan pengemudi,” tambah Zulpata.

Dengan memahami aspek teknis seperti indeks beban dan ukuran yang tepat, modifikasi ban dapat dilakukan dengan aman tanpa mengorbankan performa maupun keselamatan berkendara.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *