BeritaTeknologi

Samsung Rilis TV Neo QLED 8K Baru di Indonesia dengan Fitur AI

×

Samsung Rilis TV Neo QLED 8K Baru di Indonesia dengan Fitur AI

Share this article
Samsung Rilis TV Neo QLED 8K Baru di Indonesia dengan Fitur AI

 

JAKARTA – Samsung telah meluncurkan televisi pintar (smart TV) terbaru dari seri Neo QLED 8K pada Kamis (12/9/2024) di Menteng, Jakarta Pusat.

Tiga seri yang diperkenalkan adalah Neo QLED 8K QN800D dengan ukuran 65 inci dan 75 inci, serta QN900D yang hadir dalam ukuran 85 inci.

Televisi Samsung Neo QLED 8K menawarkan teknologi berbasis kecerdasan buatan (AI/Artificial Intelligence) yang memungkinkan berbagai fitur seperti AI Upscaling Pro, AI Sound, dan AI Optimization.

Fitur AI Upscaling Pro, misalnya, memiliki kemampuan untuk mentransformasikan dan meningkatkan kualitas gambar hingga resolusi 8K. Selain itu, terdapat AI Motion Enhancer Pro yang meningkatkan ketajaman dan kontras dari objek di layar.

“Saat ini, teknologi AI sudah menjadi bagian penting dalam hidup kita. Cara kita menikmati televisi juga telah berubah. Televisi yang berbasis AI ini dimungkinkan berkat chipset NQ8 AI Gen 3 Processor yang digunakan,” jelas Head of Product, AV Business Samsung Electronics Indonesia, Ubay Bayanudin.

Ubay juga menambahkan bahwa prosesor terbaru ini telah mengalami peningkatan signifikan dibandingkan generasi sebelumnya. Kinerja NPU menjadi 2x lebih cepat, pemrosesan AI Neural 25x lebih halus, dan CPU 2,2x lebih cepat dengan peningkatan kinerja GPU hingga 30 persen.

Fitur AI tidak hanya terfokus pada visual, tetapi juga mampu mengenali preferensi tayangan pengguna. Contohnya, fitur AI Customization Mode dan AI Auto Game Mode.

“Televisi ini dapat menyesuaikan tingkat kecerahan sesuai dengan kondisi ruangan. Secara otomatis, televisi bisa beralih ke mode warm atau cold,” tambah Ubay.

Misalnya, saat menonton tayangan tertentu, warna televisi bisa berubah menjadi cold (dingin) atau warm (hangat) tergantung pada situasi.

Sementara itu, untuk AI Auto Game, fitur ini memungkinkan televisi mendeteksi jenis game yang dimainkan, seperti game role-playing game (RPG), real-time strategy (RTS), first person shooter (FPS), dan lainnya.

KOMPAS.com/Caroline Saskia. Head of Product, AV Business Samsung Electronics Indonesia Ubay Bayanudin yang tengah mempresentasikan fitur-fitur bertenaga AI di Samsung TV Neo QLED 8K 85 inci.

Televisi terbaru ini juga dapat merekomendasikan tayangan dari layanan OTT (over-the-top) berdasarkan akun yang terdaftar. Terdapat maksimal 10 slot akun yang dapat disimpan, cocok untuk keluarga yang ingin menonton televisi bersama.

“Kemampuan ini memungkinkan anak-anak mendapatkan rekomendasi video/film kartun, sementara orang tua bisa mendapatkan rekomendasi film berdasarkan riwayat tontonan dari layanan OTT,” sebut perwakilan dari Samsung Indonesia dalam sesi tanya jawab dengan media.

Spesifikasi Samsung TV Neo QLED 8K

Samsung TV Neo QLED hadir dalam beberapa ukuran, yakni 85 inci, 75 inci, dan 65 inci.

Desain layarnya mengusung model datar (flat) dengan bodi yang tipis dan bezel yang juga tipis.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *