BeritaTeknologi

Saat Smartwatch Bantu Dokter Pantau Kondisi Kesehatan Pasien…

×

Saat Smartwatch Bantu Dokter Pantau Kondisi Kesehatan Pasien…

Share this article
Saat Smartwatch Bantu Dokter Pantau Kondisi Kesehatan Pasien…

Perangkat wearable seperti smartwatch yang tersedia di pasaran semakin dilengkapi dengan berbagai fitur untuk mendukung kesehatan dan kebugaran.

Selain dapat memantau detak jantung, waktu tidur, hingga jumlah langkah, beberapa smartwatch juga dilengkapi fitur yang merekomendasikan tindakan yang diperlukan untuk meningkatkan kebugaran pengguna.

Fitur-fitur ini dianggap penting oleh dokter dan konsultan nutrisi, Andira Utami.

Beberapa orang yang kerap berkonsultasi dengan Andira termasuk mereka yang masih sehat dan ingin menjaga kebugaran, orang yang sakit tetapi tidak ingin mengalami komplikasi, atau mereka yang sudah memiliki penyakit komplikasi tetapi berupaya untuk tetap sehat.

Untuk membantu memantau kesehatan kliennya, Andira sering menyarankan mereka untuk menggunakan perangkat wearable atau teknologi sejenis.

“Saya selalu menyarankan untuk menggunakan perangkat wearable atau alat yang bisa mendeteksi dengan sensor. Ini adalah keunggulan untuk pasien,” ungkap Andira dalam sebuah acara di Lampung.

Sumber: Lely Maulida Kiri ke kanan: Andy Garcia, Content Creator dan Andira Utami, Doctor & Health Entrepreneur dalam rangkaian acara Galaxy AI Trip di Lampung

Andira menjelaskan bahwa frekuensi pertemuan pasien dengan dokter di rumah sakit atau fasilitas kesehatan lainnya cukup jarang.

Sementara perangkat wearable dapat memantau kebugaran pengguna setiap hari dan memberikan rekomendasi berdasarkan data kebugaran pribadi yang dikumpulkan.

“Jadi ini sangat direkomendasikan. Monitoring sangat penting,” lanjutnya.

Andira lebih memilih untuk menjadi dokter yang fokus pada pencegahan dalam menjaga kesehatan, daripada hanya mengobati pasien. Oleh karena itu, ia tidak melanjutkan pendidikan untuk menjadi spesialis seperti kebanyakan dokter lainnya.

Dia juga menilai pentingnya aspek pencegahan dalam kesehatan sebagai investasi yang sangat baik bagi masyarakat. Oleh karena itu, ia sering kali menyambut positif teknologi yang dapat membantu pengguna menjaga kebugaran dan mencegah sakit.

Namun, perlu dicatat bahwa perangkat teknologi yang dirancang untuk menunjang kesehatan berfungsi sebagai alat bantu, dan pengguna tetap memerlukan pemeriksaan dari profesional medis untuk analisis lebih lanjut.

Andira Utami menggunakan perangkat wearable untuk memantau tingkat kebugarannya, yaitu smartwatch Samsung Galaxy Watch 7. Berdasarkan pengalaman penggunaannya, Andira memberikan skor 9,4 (dari skala 1-10) untuk smartwatch yang digunakan tersebut.

Salah satu alasan Andira memberikan skor tersebut adalah karena Galaxy Watch 7 dilengkapi dengan fitur Energy Score.

Energy Score adalah fitur berbasis AI yang mencerminkan tingkat energi pengguna, dihitung berdasarkan kualitas tidur, detak jantung saat tidur, dan aktivitas fisik di hari sebelumnya.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *