BeritaOtomotif

ROX 01, Kombinasi Ketangguhan Off-Road dan Kenyamanan Berkendara

×

ROX 01, Kombinasi Ketangguhan Off-Road dan Kenyamanan Berkendara

Share this article
ROX 01, Kombinasi Ketangguhan Off-Road dan Kenyamanan Berkendara

Pabrikan otomotif asal China, ROX Motor, telah memperkenalkan Sport Utility Vehicle (SUV) ROX 01 dalam varian Extended Range Electric Vehicle (EREV) yang menggabungkan ketangguhan untuk petualangan luar ruangan dengan kenyamanan.

Sebagai EREV, ROX 01 beroperasi sebagai kendaraan listrik murni selama daya baterainya mencukupi. Ketika baterai hampir habis, mesin pembakaran internal akan aktif untuk menghasilkan listrik yang diperlukan, sehingga pengemudi tidak perlu khawatir tentang kehabisan baterai saat bepergian.

“Keunggulan dari mobil ini adalah penampilannya yang menarik dan performa akselerasi yang sangat cepat. Pengemudi dapat mengendalikan dan mengarahkan kendaraan dengan mudah meskipun bodinya besar,” ujar CEO ROX Motor, Jarvis Yan, saat berbicara kepada jurnalis di Chengdu Motor Show 2024 di Chengdu, provinsi Sichuan, China pada Jumat (30/8).

ROX 01 memiliki dimensi yang cukup besar, yakni panjang 5050 mm, lebar 1980 mm, tinggi 1869 mm, dan jarak sumbu roda 3010 mm.

Dari segi desain, ROX 01 memberikan kesan tangguh dan elegan dengan grill depan yang besar dan lampu depan berbentuk Y di kedua sisinya, yang menambah kesan lebar dan aura berwibawa. Aksen hitam yang menghiasi grill dan logo meningkatkan estetika kendaraan.

Profil samping mobil ini menarik perhatian dengan garis lurusnya. Desain atap yang mempunyai dua warna dengan garis atap datar memberikan ruang kepala tatap dalam kabin dan dilengkapi rak atap untuk pemakaian off-road.

Sistem suspensi roda “double wishbone” di bagian depan dan “multi-link H-arm” di belakang menawarkan penanganan yang baik dan kemampuan off-road, dengan kemampuan mencapai kedalaman air maksimum 700 mm. Dengan sistem ini, ROX 01 juga mampu menaklukkan tanjakan curam hingga sudut pendakian maksimum 45 derajat.

Di bagian belakang, ROX 01 mempertahankan estetika clean dengan garis lurus, menciptakan kesan tangguh tetapi tetap halus. Lampu belakang berbentuk T yang diletakkan secara vertikal berdampingan dengan lampu depan, sementara kaca belakang yang lebar meningkatkan visibilitas interior.

Pintu belakang juga dapat digunakan sebagai tempat menggantungkan ban serep, meningkatkan kemampuannya di medan off-road.

“Mobil ini juga dilengkapi bagian yang dapat diperluas, sehingga jika dibawa untuk berkemah, bagian dalam bisa diubah menjadi tempat tidur dan dapur untuk menyiapkan kopi atau memasak makanan sederhana,” ungkap Jarvis.

Di kabin, interior ROX 01 mengadopsi desain yang rapi dengan tekstur serat kayu alami dari kayu ek putih dan jok kulit nappa asli. Terdapat juga layar “head unit” berukuran 15,7 inci dan layar hiburan berukuran 15,6 inci di kursi tengah.

Untuk tempat duduk, ROX 01 menawarkan dua pilihan, yaitu enam kursi (2+2+2) untuk kebutuhan SUV komersial di dalam kota atau konfigurasi tujuh tempat duduk (2+2+3) untuk petualangan di alam terbuka.

ROX 01 menggunakan sistem penggerak empat roda dengan motor ganda yang dapat memperluas jangkauannya, menghasilkan daya maksimum 350 kW dan torsi gabungan 740 N·m. Akselerasi dari 0 hingga 100 km/jam hanya membutuhkan waktu 5,5 detik, dengan kecepatan puncak yang diklaim lebih dari 200 kilometer per jam.

Dengan paket baterai lithium seri 5 CATL 56,01 kWh dan tangki bahan bakar berkapasitas 70 liter, kendaraan ini menawarkan jangkauan 282 km menurut standar “China Light Duty Vehicle Test Cycle” (CLTC) dan 235 km menurut standar “Worldwide harmonized Light vehicles Test Cycles” (WLTC).

Konsumsi bahan bakar gabungan menurut standar WLTC hanya 7,95 liter per 100 kilometer. Dengan fitur manajemen energi cerdas, ROX 01 menawarkan jangkauan gabungan baterai dan motor hingga 1.362 km (CLTC) dan 1.275 km (WLTC).

ROX 01 dilengkapi dengan sistem bantuan berkendara cerdas L2+, termasuk NOA kecepatan tinggi dan fungsi penyeberangan cerdas. Ditenagai oleh dua chip NVIDIA Orin-X, tiga lidar HESAI, dan serangkaian kamera definisi tinggi, radar gelombang milimeter, serta sensor ultrasonik, ROX 01 siap menghadapi berbagai medan, termasuk salju, gunung, lumpur, air, dan berpasir.

ROX Motor juga memproduksi dua edisi khusus, yaitu “ROX 01 Fishing Master Special” dengan bodi berwarna “peach” serta dilengkapi peralatan memancing, dan “Off-Road Master Edition” berwarna abu gelap dengan radar di bagian depan untuk memberikan kesan sebagai mobil pemburu.

“Untuk dua edisi khusus ini, memang murni merupakan konsep baru. Jika ada orang yang ingin membelinya, kami akan mengumpulkan pesanan dan membuatnya,” jelas Chief Strategy Officer (CSO) ROX Motor, Wu Yue.

Wu menyampaikan bahwa target pasar ROX Motor cukup spesifik dan tidak banyak ditemui di China. “Namun, belakangan ini orang-orang di China semakin menyukai olahraga luar ruangan yang cocok menggunakan mobil ini. Awalnya mungkin tidak banyak yang menyukai, tetapi di Chengdu, mobil seperti ini cukup populer karena masyarakat bisa dengan mudah melakukan perjalanan ke Tibet atau ke tempat-tempat lain yang menawarkan keindahan alam yang menantang,” tambah Wu.

ROX 01 dibanderol seharga 299.900 yuan, atau sekitar Rp655 juta untuk konfigurasi tujuh kursi, dan 309.900 yuan atau Rp679 juta untuk konfigurasi enam kursi. Sementara edisi khusus ROX 01 dihargai 349.900 yuan, atau sekitar Rp766 juta untuk konfigurasi tujuh kursi, dan 359.900 yuan atau Rp788 juta untuk konfigurasi enam kursi.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *