BeritaOtomotif

Repsol Cabut Akhir Musim 2024, Ini Kata Honda

×

Repsol Cabut Akhir Musim 2024, Ini Kata Honda

Share this article
Repsol Cabut Akhir Musim 2024, Ini Kata Honda

JAKARTA – Repsol akan mengakhiri perannya sebagai sponsor utama untuk tim pabrikan MotoGP Honda pada akhir tahun 2024.

Perpisahan antara Repsol dan Honda menandai berakhirnya salah satu kemitraan paling sukses dalam sejarah MotoGP. Perusahaan minyak asal Spanyol ini telah menjadi sponsor utama Honda Racing Corporation (HRC) sejak 1995.


AFP/SONNY TUMBELAKA Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, saat beraksi pada sesi Free Practice 1 (FP1) MotoGP Mandalika 2023 di Sirkuit Mandalika, Lombok, Jumat (13/10/2023). (Photo by Sonny TUMBELAKA / AFP)

Kerja sama keduanya telah menghasilkan 15 gelar Juara Dunia pebalap, termasuk nama-nama legendaris seperti Mick Doohan, Alex Criville, Valentino Rossi, Nicky Hayden, Casey Stoner, dan Marc Marquez.

Tanda-tanda perpisahan antara Repsol dan Honda mulai terlihat pada musim balap 2024, terlihat dari perubahan penempatan logo Repsol yang diturunkan ke fairing bawah dalam livery tahun ini.

Livery Repsol Honda yang legendaris, yang dikenal dengan warna oranyenya, kini telah berubah. Motor Luca Marini dan Joan Mir lebih didominasi oleh warna biru. Tempat yang biasanya diisi tulisan Repsol kini digantikan oleh tulisan Honda.

Repsol belum memberikan alasan yang jelas mengenai kepergiannya dari Honda, tetapi banyak yang menduga bahwa keputusan ini berkaitan dengan penampilan tim Honda yang terus memburuk sejak musim 2020.

Fakta bahwa prestasi Honda melemah seiring dengan cedera panjang yang dialami Marc Marquez pada musim 2020, serta terganggunya pengembangan motor Honda RC213V akibat pandemi Covid-19, diperkirakan turut berkontribusi pada perpisahan ini.

Belum ada informasi apakah Repsol akan bergeser untuk menjadi sponsor merek lain di MotoGP. Repsol hanya menegaskan bahwa mereka akan “terus terlibat dalam dunia balap motor”.

Mick Doohan di atas motor balap 500 cc 2-tak
FRANCIS SILVAN Mick Doohan di atas motor balap 500 cc 2-tak

Pernyataan resmi Honda

“Honda Racing Corporation dan Repsol akan mengakhiri kerja sama setelah 2024,”

“Setelah 30 tahun bekerja sama di level tertinggi balap motor, Honda Racing Corporation dan Repsol akan berpisah setelah Kejuaraan Dunia MotoGP 2024 berakhir,”

“Honda HRC dan Repsol telah menikmati kemitraan yang identik dengan kesuksesan di level tertinggi. Ini lebih dari sekadar sponsor, melainkan kolaborasi yang sejati antara kedua perusahaan, yang berusaha menjadi acuan dalam balap motor Grand Prix,”

“Sejak debut pada tahun 1995, Tim Repsol Honda langsung meraih kesuksesan dan memenangkan Kejuaraan Dunia Kelas Premier pada tahun yang sama. Selama tiga dekade terakhir, kolaborasi antara Honda HRC dan Repsol telah menghasilkan 15 Kejuaraan Dunia Kelas Premier, 10 Kejuaraan Tim Kelas Premier, 183 kemenangan Kelas Premier, dan 455 podium Kelas Premier,”

“Honda HRC mendoakan yang terbaik bagi Repsol dalam bisnis dan usaha motorsport mereka di masa depan.”

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *