BeritaOtomotif

Raize Buatan Indonesia Cuma Dapat Satu Bintang di Latin NCAP, Beda Jauh dari Produksi Jepang

×

Raize Buatan Indonesia Cuma Dapat Satu Bintang di Latin NCAP, Beda Jauh dari Produksi Jepang

Share this article
Raize Buatan Indonesia Cuma Dapat Satu Bintang di Latin NCAP, Beda Jauh dari Produksi Jepang

Toyota Raize – Toyota Raize, yang diproduksi di Indonesia, hanya berhasil meraih satu bintang dalam uji tabrak Latin NCAP.

Laporan dari Global NCAP menyebutkan bahwa meskipun dilengkapi dengan dua airbag dan Electronic Stability Control (ESC) sebagai fitur standar, Raize hanya memperoleh skor 40.54% untuk perlindungan penumpang dewasa.

Selain itu, Raize juga meraih skor 71.57% untuk perlindungan penumpang anak, 58.70% untuk perlindungan pejalan kaki dan pengguna jalan rentan, serta 58.14% untuk sistem bantuan pengemudi.

Mobil ini diuji dalam berbagai aspek, termasuk tabrakan frontal, samping, whiplash, perlindungan pejalan kaki, dan ESC.

Hasil uji tabrakan frontal menunjukkan struktur yang tidak stabil dan perlindungan dada pengemudi yang marginal.

Tabrakan samping juga memperlihatkan perlindungan dada yang marginal serta intrusi yang signifikan ke dalam ruang penumpang, meningkatkan risiko cedera bagi penghuninya.

Karena perlindungan kepala samping bukan fitur standar, uji tabrakan tiang samping diberi nilai nol dan dikurangi poin karena tidak adanya perlindungan kepala di baris depan dan belakang.

Toyota Raize. (Astra Toyota)

Selain itu, Raize juga tidak dilengkapi dengan sistem bantuan kecepatan sebagai fitur standar. Meskipun teknologi ADAS (Advanced Driver Assistance Systems) ditawarkan pada model ini untuk pasar lain, fitur-fitur tersebut tidak tersedia bahkan sebagai opsi untuk pasar Latin NCAP.

“Tampaknya, keunggulan Toyota dalam hal keselamatan telah berlalu. Hasil yang mengecewakan ini tidak menghentikan Latin NCAP untuk mendesak Toyota agar mengubah pendekatannya, meningkatkan perlengkapan keselamatan dasar pada mobil-mobilnya, dan berpartisipasi dalam uji tabrak Latin NCAP untuk menunjukkan kinerja mobil-mobil mereka kepada konsumen,” kata Alejandro Furas, Sekretaris Jenderal Latin NCAP.

“Di tengah kekhawatiran global tentang sertifikasi keselamatan pada beberapa mobil Toyota, hasil ini sekali lagi membuktikan perlunya pelabelan keselamatan kendaraan yang terstandarisasi, termasuk peringkat bintang Latin NCAP.”

Ini berbeda jauh dengan hasil tes keselamatan di Jepang.

Menurut Nasva.go.jp, baik Toyota Raize, Daihatsu Rocky dan Subaru Rex, mendapat lima bintang dengan skor 85.7 dari 100 poin maksimal di tahun 2019.

Sebagai informasi, Toyota Raize di Jepang diproduksi oleh Daihatsu Motor Co., Ltd. yang bermarkas di Osaka, Jepang.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *