BeritaOtomotif

Rahasia Handling Motor yang Lebih Stabil

×

Rahasia Handling Motor yang Lebih Stabil

Share this article
Rahasia Handling Motor yang Lebih Stabil

Pernahkah Anda memperhatikan motor-motor sport atau adventure terbaru? Banyak di antaranya yang dilengkapi dengan suspensi depan jenis upside down. Suspensi ini tidak hanya memberikan tampilan yang lebih gagah, tetapi juga menawarkan sejumlah keunggulan dalam hal performa berkendara.

Apa Itu Suspensi Upside Down?

Suspensi upside down adalah jenis suspensi depan di mana tabung dalam (inner tube) berada di atas dan tabung luar (outer tube) berada di bawah. Posisi ini berbeda dengan suspensi teleskopik konvensional yang tabung dalamnya berada di bawah.

Ada alasan tersendiri mengapa motor-motor adventure menggunakan suspensi upside down ketimbang konvensional.

Danang Priyo Kumoro, Technical Training Coordinator Astra Motor Yogyakarta menjelaskan, hal itu bertujuan untuk meningkatkan performa handling motor.

“Dengan begitu konsumen bisa menikmati performa handling yang baik di motor kelas 150 cc,” buka Danang Priyo Kumoro.

Honda CBR150R livery Repsol Honda hadir di Malaysia (Paultan)

Kelebihan Suspensi Upside Down

  • Handling Lebih Stabil: Desain upside down dengan tabung atas yang lebih besar memberikan kekakuan yang lebih tinggi, sehingga motor menjadi lebih stabil saat menikung dan melaju kencang.
  • Redaman Lebih Baik: Suspensi upside down mampu meredam getaran dan guncangan dengan lebih baik, sehingga memberikan kenyamanan berkendara yang lebih tinggi.
  • Tampilan Lebih Sporty: Desainnya yang unik membuat motor terlihat lebih agresif dan modern.

“Suspensi model ini menghadirkan tampilan yang semakin gagah dan sporty dibandingkan dengan model teleskopik,” jelasnya.

Cara Merawat Suspensi Upside Down

Untuk menjaga performa suspensi upside down agar tetap optimal, ada beberapa hal yang perlu dilakukan.

“Salah satu perawatan yang sederhana adalah menjaga kebersihan area seal dan inner tube (as shockbreaker),” tuturnya.

Pasalnya kotoran yang mengering di area seal dan inner tube akan terus mengalami gesekan saat suspensi bekerja.

“Hal tersebut bisa membuat seal bocor dan menyebabkan oli suspensi rembes. Bila dibiarkan, inner tube bisa lecet,” lanjutnya.

“Setelah riding di musim hujan, lebih baik langsung dibersihkan menggunakan air untuk mengurangi risiko rusaknya seal dan as sokbreker,” pungkasnya.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *