BeritaEntertainmentSelebritis

Profil Iqbal Ramadhan, Tak Gunakan Nama Besar Orangtua Meski Dipukuli Aparat

×

Profil Iqbal Ramadhan, Tak Gunakan Nama Besar Orangtua Meski Dipukuli Aparat

Share this article
Profil Iqbal Ramadhan, Tak Gunakan Nama Besar Orangtua Meski Dipukuli Aparat

Muhammad Iqbal Ramadhan menjadi sorotan publik setelah terlibat dalam aksi demonstrasi yang mengawal putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang dinyatakan batal oleh DPR RI melalui RUU Pilkada 2024.

Selain berpartisipasi dalam aksi tersebut, Iqbal juga sempat ditangkap oleh aparat kepolisian setelah demonstrasi. Baru-baru ini, sebuah video Iqbal menceritakan pengalaman pahitnya saat ditangkap pada 22 Agustus 2024 kembali viral di media sosial.

Dalam video yang diunggah oleh akun X @MichelAdam7__, Iqbal membahas tentang latar belakang keluarganya, termasuk ayahnya yang merupakan seorang jenderal TNI dan pejabat senior di era Orde Baru. Namun, saat ditangkap, Iqbal memilih untuk tidak menggunakan nama besar orangtuanya sebagai cara untuk mendapatkan keringanan.

Profil Iqbal Ramadhan Putra Machica Mochtar

Dalam insiden penangkapan tersebut, Iqbal mengalami perlakuan kasar, termasuk pelecehan dan kekerasan fisik. Meskipun dalam situasi sulit, Iqbal tidak pernah terpikir untuk memanfaatkan status keluarganya untuk mendapatkan pengampunan.

Dia justru ingin merasakan bagaimana kehidupan masyarakat biasa yang ditangkap oleh aparat karena memperjuangkan hak-haknya. Iqbal tidak hidup dalam kemewahan meskipun berasal dari keluarga yang dikenal.

Semua berkat didikan ibunya, yang menginginkan agar Iqbal tumbuh menjadi sosok yang adil dan penuh kasih terhadap sesama. Machica berharap agar Iqbal dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat dan berpihak kepada mereka yang terpinggirkan.

Mendengar pernyataan Iqbal, Machica tampak terharu dan meneteskan air mata. Saat ini, Iqbal berkarier di bidang hukum. Berikut adalah profil singkat Iqbal Ramadhan.

1. Biodata Iqbal Ramadhan

Profil Iqbal Ramadhan Putra Machica Mochtar
Profil Iqbal Ramadhan Putra Machica Mochtar

Muhammad Iqbal Ramadhan Moerdiono lahir pada 5 Februari 1996, saat ini berusia 28 tahun.

Iqbal adalah anak dari Machica Mochtar hasil pernikahan siri dengan Moerdiono, yang merupakan seorang jenderal dan pejabat tinggi di era Orde Baru.

Moerdiono, yang merupakan Letnan Jenderal TNI, pernah menjabat sebagai Menteri Sekretaris Negara Indonesia pada dua periode. Ia meninggal pada 7 Oktober 2011.

Machica dan Moerdiono menikah secara siri pada 20 Desember 1993 dan bercerai lima tahun kemudian. Pada Juli 2008, keluarga Moerdiono menyatakan tidak mengakui Iqbal sebagai anak.

Status Iqbal sebagai putra Machica dan Moerdiono sempat viral sekitar tahun 2010, dan membuat MK mengabulkan uji materi terhadap salah satu pasal dalam UU No. 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan.

Isi putusan MK waktu itu menyatakan bahwa “Anak yang dilahirkan di luar perkawinan mempunyai hubungan keperdataan dengan ibu dan ayah sepanjang dapat dibuktikan berdasarkan ilmu pengetahuan”.

2. Karier Iqbal Ramadhan

Iqbal Ramadhan lulus dari Universitas Al Azhar Indonesia pada Februari 2021 dengan gelar Sarjana Hukum. Sambil kuliah, ia pernah menjabat sebagai Ketua BEM Fakultas Hukum di universitas tersebut.

Machica mengungkapkan bahwa putranya mendapatkan beasiswa kuliah dari Jenderal A.M. Hendropriyono. Iqbal berhasil menjalani Sumpah Advokat pada Juni 2023 dan meraih gelar Master Hukum dari universitas yang sama pada Oktober 2023.

Saat ini, Iqbal bekerja di Budi & Partners Law Office sebagai Junior Associate. Sebelumnya, ia juga magang di beberapa firma hukum seperti Susanti Agustina Lawfirm, Panji Ramanda, Lokataru, Law and Human Rights Office, dan Perhimpunan Bantuan Hukum dan HAM Indonesia (PBHI).

Demikianlah sekilas mengenai profil Iqbal Ramadhan, yang belakangan ini menjadi perbincangan karena terlibat dalam demonstrasi menolak RUU Pilkada 2024.

Kontributor : Neressa Prahastiwi

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *