BeritaOtomotif

Plus Minus Tuas Transmisi Matik Lurus dan Zig-zag

×

Plus Minus Tuas Transmisi Matik Lurus dan Zig-zag

Share this article
Plus Minus Tuas Transmisi Matik Lurus dan Zig-zag

JAKARTA – Model tuas transmisi mobil matik umumnya terdiri dari dua jenis, yaitu model lurus (straight) dan model gate (zig-zag).

Keduanya memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk memindahkan tuas transmisi. Namun, cara operasional antara kedua model ini berbeda, memperhatikan aspek keamanan berkendara.

Tuas Transmisi Wuling New Almaz RS

Freddy Karya, Supervisor Dokter Mobil (Domo) Transmisi di Kelapa Gading, Jakarta Utara, menjelaskan bahwa perbedaan antara model straight dan zig-zag terletak pada pengunci tuas.

“Model gate biasanya tidak memiliki tombol, sehingga bentuknya lekukan (zig-zag), sementara itu, model lurus dilengkapi tombol pengunci yang harus ditekan agar tuas bisa dipindahkan,” kata Freddy.

Meskipun model transmisi straight dilengkapi tombol pengunci untuk mencegah perpindahan gigi yang tidak disengaja, pengemudi tetap bisa berpindah dari posisi D ke N tanpa menekan tombol.

“Risiko tersenggol pada model straight tetap ada, baik dari penumpang di sebelah maupun dari pengemudi itu sendiri. Sebab, dari D ke N (atau sebaliknya) bisa terjadi tanpa menekan tombol,” jelasnya.

Jika mobil tidak bergerak, tidak ada masalah. Misalnya, saat mobil diam dan kita berada di D, kita bisa berpindah ke N tanpa menekan tombol,” lanjut Freddy.

“Tombol tersebut hanya diperlukan untuk berpindah ke gigi yang berlawanan, seperti dari N ke R atau dari R ke P,” tambahnya.

Adapun keunggulan transmisi model zig-zag, karena pola perpindahan gigi dilakukan dengan menggeser tuas mengikuti alur papan transmisi, dianggap lebih aman.

“Model gate tidak mudah tersenggol oleh orang di sebelah. Bahkan jika tersenggol, perpindahan gigi tidak mudah terjadi karena setiap gigi memiliki belokan,” ungkap Freddy.

Tombol pengunci atau release button di tuas transmisi matik

Namun, kelemahan dari mobil dengan transmisi model zig-zag tipe lama adalah biasanya tidak terdapat indikator posisi gigi.

“Pada mobil jadul dengan model gate, indikator giginya tidak tersedia di speedometer, jadi kita tidak bisa melihat posisi tuasnya. Namun, kita biasanya sudah hapal posisi giginya,” jelas Freddy.

“Contohnya, pada Toyota Innova awal dari 2004 hingga sebelum Grand Innova. Tipe E dan G pada model matik tidak memiliki indikator, sementara model Avanza yang lebih baru sudah dilengkapi indikator,” katanya.

Tuas transmisi mobil matik Tuas transmisi mobil matik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *