BeritaOtomotif

Perawatan Rem ABS Motor untuk Keamanan Berkendara Optimal

×

Perawatan Rem ABS Motor untuk Keamanan Berkendara Optimal

Share this article
Perawatan Rem ABS Motor untuk Keamanan Berkendara Optimal

JAKARTA – Rem Anti-lock Braking System (ABS) menjadi salah satu fitur keselamatan yang kini banyak dipasang pada kendaraan bermotor modern.

Sistem ini dirancang untuk mencegah roda terkunci saat pengendara melakukan pengereman mendadak, sehingga dapat menjaga keseimbangan dan stabilitas kendaraan.

Walaupun memberikan keamanan tambahan, perawatan rem ABS tidak boleh diabaikan untuk memastikan kinerjanya tetap optimal.

Menurut Wahyu Budhi, Training Analyst PT Wahana Makmur Sejati, perawatan rem ABS memerlukan perhatian khusus.

“Sistem pengereman ABS mencegah roda terkunci saat mengerem mendadak, menjaga keseimbangan dan memudahkan pengendalian,” ucap Wahyu.


Foto oleh Donny
Rem ABS pada motor.

“Gantilah minyak rem secara berkala sesuai anjuran pabrikan, periksa ketinggian minyak, serta cek kemungkinan kebocoran pada sistem rem untuk menjaga performa optimal,” lanjutnya.

Selain itu, pemilik kendaraan atau pengendara juga harus selalu waspada terhadap kondisi sistem rem.

“Jika indikator ABS berkedip, segera bawa kendaraan ke bengkel resmi untuk memastikan sistem pengereman berfungsi dengan baik,” tambah Wahyu.

Langkah ini penting dilakukan untuk mencegah terjadinya kerusakan pada sistem pengereman, yang dapat membahayakan keselamatan pengendara.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *