BeritaOtomotif

Pentingnya Dashcam buat Mobil, Bisa Jadi Bukti Saat Terlibat Kecelakaan

×

Pentingnya Dashcam buat Mobil, Bisa Jadi Bukti Saat Terlibat Kecelakaan

Share this article
Pentingnya Dashcam buat Mobil, Bisa Jadi Bukti Saat Terlibat Kecelakaan

 

JAKARTA – Teknologi kamera di kendaraan, atau dashcam, semakin menjadi perangkat penting dalam beberapa waktu terakhir. Fungsinya dapat berfungsi sebagai bukti jika pemilik kendaraan mengalami situasi tidak menguntungkan, seperti tertabrak, dan lain-lain.

Salah satu merk dashcam di Indonesia, 70mai, berupaya untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya penggunaan kamera kabin. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan berpartisipasi dalam acara Jambore Nasional X-MOC Indonesia 2024.

Xpander Mitsubishi Owner Club Indonesia, yang dikenal dengan X-MOC Indonesia, adalah komunitas otomotif yang mengintegrasikan para pemilik Xpander Mitsubishi. Pada tahun 2024, X-MOC sudah memiliki lebih dari 6.900 anggota yang tersebar di 22 provinsi dan terbagi ke dalam 38 chapter kota.

70MAI 70mai beri edukasi terkait pentingnya dashcam buat kendaraan ke komunitas

Bicara mengenai kecelakaan, di Indonesia jumlahnya terus meningkat setiap tahun. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik, terhitung sejak tahun 2020, angka kecelakaan mencapai 100.028 dan terus meningkat hingga tahun 2022. Hal ini tentu sangat mengkhawatirkan, sehingga penting untuk meningkatkan kesadaran mengenai perlindungan saat berkendara.

Saat ini, banyak negara yang mulai menyadari pentingnya penggunaan dashcam. Di Filipina, misalnya, terdapat RUU yang dikenal sebagai Dashboard Camera Act of The Philippines. Kebijakan ini mewajibkan pemasangan kamera dasbor, bahkan mobil tidak dapat didaftarkan tanpa menyertakan kamera tersebut.

Karena itu, 70mai hadir di acara X-MOC untuk menumbuhkan kesadaran di kalangan anggota komunitas tentang pentingnya dashcam sebagai perlindungan diri dari kejadian tidak diinginkan saat berkendara.

Baca juga: Komunitas Teruci Rayakan Hari Jadi ke-17

 

Hal ini sejalan dengan komitmen yang disampaikan oleh Manajer Pemasaran dan PR 70mai Indonesia, Deodato Esperanza. Upaya ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang peran dashcam.

“Kami terus berusaha merangkul teman-teman, salah satunya melalui komunitas ini agar bisa lebih menyadari pentingnya dashcam dalam melindungi pengendara dari berbagai hal yang dapat terjadi saat berkendara,” ujar Deodato.

Kehadiran 70mai pada acara komunitas tersebut tidak hanya untuk edukasi, tetapi juga untuk memeriahkan acara dengan berbagai kegiatan, termasuk memberikan dukungan untuk santunan anak yatim, kompetisi audio, kontes modifikasi, hingga memberikan kejutan doorprize bagi peserta yang beruntung.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *