BeritaOtomotif

Penggantian Ban Mobil Pengaruhi Jarak Efektif Pengereman

×

Penggantian Ban Mobil Pengaruhi Jarak Efektif Pengereman

Share this article
Penggantian Ban Mobil Pengaruhi Jarak Efektif Pengereman

JAKARTA – Penggantian ban kendaraan dapat memiliki dampak signifikan terhadap performa keseluruhan, terutama terkait jarak pengereman, yang merupakan faktor krusial dalam keselamatan berkendara.

Zulpata Zainal, Manajer Perencanaan Produk dan Dukungan Teknis GT Radial, menjelaskan bahwa jarak pengereman kendaraan akan berubah saat ban diganti, bergantung pada jenis ban yang dipilih.

“Perubahan performa seperti jarak pengereman pasti akan terjadi ketika kita mengganti ban. Ini disebabkan oleh ukuran dan pola kembangan ban pengganti yang bisa berbeda dari ban bawaan kendaraan,” kata Zulpata.


Instagram/@kiki_anugraha Ilustrasi ban mobil ukuran besar.

Sementara itu, ban yang kurang sesuai justru dapat meningkatkan risiko jarak pengereman yang lebih panjang, terutama dalam kondisi jalan yang tidak ideal.

“Pemilihan ban yang tepat sangat penting untuk menjaga performa pengereman, stabilitas, dan keselamatan berkendara,” jelas Zulpata.

Oleh karena itu, penting bagi pengemudi untuk memahami spesifikasi ban yang sesuai dengan kendaraan mereka agar keamanan tetap terjaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *