BeritaOtomotif

Paus Fransiskus Bisa Dapat Fasilitas Mewah, tapi Pilih Koleksi Mobil Tua Ini

×

Paus Fransiskus Bisa Dapat Fasilitas Mewah, tapi Pilih Koleksi Mobil Tua Ini

Share this article
Paus Fransiskus Bisa Dapat Fasilitas Mewah, tapi Pilih Koleksi Mobil Tua Ini

Paus Fransiskus – Paus Fransiskus diketahui berada di Indonesia selama tiga hari dari 3 hingga 6 September 2024. Meskipun Vatikan dapat memberikan fasilitas mewah, pemimpin umat Katolik ini lebih memilih untuk hidup sederhana.

Ia tercatat masih menyimpan mobil tua Renault 4 tahun 1984 yang memiliki tenaga sepertiga dari Avanza. Pemimpin Tertinggi Gereja Katolik dan Kepala Negara Vatikan tersebut bisa saja terbang dengan jet pribadi saat berkunjung ke negara tertentu.

Namun, Paus Fransiskus justru memilih untuk naik pesawat komersil saat berangkat dari Roma menuju Jakarta. Ia juga menolak akomodasi mewah dan diketahui menggunakan mobil Toyota Kijang Innova Zenix selama berada di Indonesia.

Laporan menunjukkan bahwa kekayaan Vatikan mencapai antara 10 hingga 15 miliar dolar AS. Dengan aset yang sangat besar, Vatikan memiliki kemampuan untuk menyediakan berbagai fasilitas mewah.

Walaupun demikian, Paus Fransiskus sering menolak perlakuan khusus, terutama yang berhubungan dengan kemewahan. Pernah dilaporkan bahwa Paus Fransiskus pernah ditawarkan 32 ribu dolar dari gereja.

Mobil tua milik Paus Fransiskus.

Ia menolak segala bentuk kemewahan dan upah dari gereja. Paus Fransiskus memutuskan untuk menyumbangkan uang tersebut kepada gereja yang lebih membutuhkan, menggunakannya untuk mendanai yayasan, menaruhnya dalam bentuk amanat, atau memberikannya kepada anggota keluarga.

Paus Fransiskus sebenarnya tidak pernah menerima uang dari gereja, bahkan sebelum diangkat menjadi paus baru. Pada tahun 2001, Vatikan sedang mengonfirmasi bahwa Paus Fransiskus selalu setia pada filosofi Jesuitnya.

Dikutip dari beberapa sumber, Paus Fransiskus memiliki mobil Renault berumur 40 tahun. Mobil tersebut diberikan oleh pastur Renzo Zocca, seorang pastur paroki Italia yang berusia 69 tahun.

Zocca menyatakan bahwa Paus awalnya tidak yakin tentang hadiah tersebut dan menyarankan agar mobil itu diberikan kepada orang miskin. Namun, sang pastur meyakinkan Paus bahwa mobil kesayangannya telah memberikan banyak manfaat kepada orang miskin selama bertahun-tahun. Ia menginginkan mobil itu diberikan kepada Paus sebagai “kesaksian” atas pekerjaan yang telah dia lakukan dengan mobil tersebut.

Mobil Renault klasik empat pintu berwarna putih keluaran tahun 1984 ini memiliki mesin 800 cc. Kendaraan tersebut sangat tua dan telah menempuh jarak 186.000 mil. Tenaganya pun hanya 30 HP.

Sebagai perbandingan, mobil Avanza tahun 2024 mempunyai tenaga 97 HP. Itu berarti mobil milik Paus Fransiskus hanya dapat menghasilkan tenaga sepertiga dari Avanza. Pada tahun 2013, Paus Fransiskus pernah terekam berjalan-jalan dengan mobil tua tersebut dengan kecepatan hanya 13 mil/jam. Renault 4 tahun 1984 juga pernah digunakan sebagai Popemobile untuk berkeliling kota.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *