BeritaKesehatan

Nutrisi Susu Ikan VS Susu Sapi, Mana yang Lebih Bergizi?

×

Nutrisi Susu Ikan VS Susu Sapi, Mana yang Lebih Bergizi?

Share this article
Nutrisi Susu Ikan VS Susu Sapi, Mana yang Lebih Bergizi?

Nutrisi Susu Sapi vs Susu Ikan menjadi perbincangan yang viral di media sosial. Susu ikan disebut-sebut sebagai salah satu alternatif menu dalam program penyediaan susu gratis oleh Presiden dan Wakil Presiden terpilih. Namun, banyak orang yang masih penasaran tentang susu ikan sebagai sumber protein yang satu ini. Mari kita simak perbandingan nutrisi antara susu ikan dan susu sapi.

Apa Itu Susu Ikan?

Susu adalah cairan berwarna putih yang dihasilkan oleh kelenjar susu pada mamalia betina, seperti sapi, kambing, domba, unta, dan juga manusia. Berdasarkan definisi tersebut, tidak ada yang namanya susu ikan. Hal ini juga ditegaskan oleh Dr. Epi Taufik, ahli biokimia dan dosen Fakultas Peternakan IPB, yang menyatakan bahwa istilah susu ikan belum dikenal dalam dunia ilmiah.

Epi menjelaskan lebih lanjut bahwa susu ikan kemungkinan besar berasal dari proses ekstrak protein ikan. Jika ini benar, maka tidak dapat dikategorikan sebagai susu.

Nutrisi Susu Sapi VS Susu Ikan

Susu sapi selama ini dikenal sebagai salah satu sumber nutrisi yang lengkap dan mudah didapatkan. Kandungan gizinya yang kaya menjadikannya bagian penting dalam diet sehat.

Kandungan gizi utama dalam susu sapi meliputi protein, kalsium, vitamin D, fosfor, potasium, vitamin B12, vitamin B2, vitamin A, vitamin K, dan magnesium.

Manfaat mengonsumsi susu tidak hanya terbatas pada kesehatan tulang, tetapi juga mencakup peningkatan kesehatan jantung, peningkatan kekebalan tubuh, dan menjaga kesehatan gigi.

Bagaimana dengan susu ikan? Menurut Epi, susu ikan belum populer sebagai sumber susu alternatif karena dianggap tidak dapat memberikan nutrisi yang lengkap. Indonesia sendiri telah memulai inisiatif untuk memproduksi hidrolisat protein ikan sejak 2016 dalam rangka peringatan Hari Ikan Nasional. Susu ikan pertama di Indonesia diproduksi melalui kemitraan Koperasi Nelayan Mina Bahari (Indramayu) dengan PT. Berikan Teknologi Indonesia di Indramayu pada Agustus 2003. Namun, karena susu ikan belum dikenal secara luas, produksi susu ikan belum benar-benar berkembang di pasaran.

Demikian informasi mengenai nutrisi susu sapi vs susu ikan.

Kontributor: Mutaya Saroh

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *