Cirebon – Sejak diperkenalkan pada tahun 2023, berita mengenai Toyota RAV4 GR Sport PHEV tampaknya tidak banyak dibicarakan. Hal ini disebabkan oleh keterbatasan kuota untuk SUV elektrifikasi tersebut dari Toyota Astra Motor (TAM), bahkan untuk unit test drive hanya tersedia satu unit.
Namun, awak redaksi beruntung bisa melakukan uji coba RAV4 PHEV ini dengan rute yang cukup jauh, yaitu Jakarta – Cirebon melalui jalan tol.
Tes jalan Toyota RAV4 GR Sport PHEV 2024
Pembicaraan utama adalah mengenai performa mesin dan motor listrik yang terpasang di balik kap depan. Saat berangkat dari Cilandak Town Square, Jakarta, rekan media yang mengemudi menggunakan mode listrik.
60 km
Toyota mengklaim bahwa dengan kondisi baterai penuh, RAV4 PHEV dapat menempuh jarak hingga 60 km. Keuntungan ini memberikan efisiensi serta pengurangan emisi gas buang yang cukup signifikan.
Pengalaman berkendara dalam mode listrik mirip dengan pengalaman mengemudikan mobil listrik murni (BEV). Torsi yang melimpah langsung terasa saat pedal gas ditekan untuk akselerasi.
Mesin Toyota RAV4 GR Sport PHEV 2024
Gaya mengemudi yang agresif dan kondisi kemacetan memaksa RAV4 PHEV untuk mengaktifkan mesin konvensional saat sudah menempuh jarak 42 km.
Penggunaan BBM yang ditampilkan pada MID adalah 19 km/l, angka yang moderat mengingat gaya berkendara yang agresif dan bobot 4 orang penumpang dengan rata-rata 80 kg.
Jok Toyota RAV4 GR Sport PHEV 2024
Kenyamanan penumpang belakang
Menjadi penumpang belakang di RAV4 GR Sport PHEV terasa cukup menyenangkan. Pertama, untuk orang dewasa dengan tinggi 175 cm, posisi duduk yang nyaman dihasilkan dari sandaran dan penampang jok yang menopang paha dengan baik.
Kedua, ruang kaki dan ruang kepala yang cukup luas. Sayangnya, tidak ada sandaran tengah, membuat tangan satu lagi agak menggantung. Terakhir, bahan jok yang nyaman dan busa yang empuk memberikan tambahan kenyamanan.