BeritaOtomotif

Mengenal Histori SUV, Mobil yang Berakar dari Konsep Jip Sipil

×

Mengenal Histori SUV, Mobil yang Berakar dari Konsep Jip Sipil

Share this article
Mengenal Histori SUV, Mobil yang Berakar dari Konsep Jip Sipil

JAKARTA – Mobil jenis Sport Utility Vehicle (SUV) saat ini digemari di seluruh dunia. Penjualan SUV meningkat dibanding sedan, hatchback, ataupun jenis Multi Purpose Vehicle (MPV).

Namun, penyebutan SUV masih terbilang baru. Istilah SUV mulai dikenal luas pada era 1970-1980’an.

SUV diyakini merupakan pengembangan dari jip. Mobil tangguh tersebut awalnya digunakan untuk keperluan militer, namun kemudian dikembangkan untuk sipil dengan mengedepankan kenyamanan dan tampilan yang elegan.

ANTARA FOTO/RAHMAD Wali Kota Lhokseumawe, Suadi Yahya (kiri) bersama sejumlah perwira tinggi TNI-Polri mengendarai mobil Jeep Willys saat menghadiri Upacara Peringatan HUT Ke-73 Kemerdekaan RI, di Lhokseumawe, Aceh, Jumat (17/8/2018). Konvoi Jeep Willys pabrikan 1947 ini menghadirkan nuansa perang pada peringatan HUT RI di Aceh.

Konsep jip sipil sendiri muncul setelah Perang Dunia II. Salah satunya dikenal dengan istilah CJ atau Civilian Jeep.

Pada 1945, Willys meluncurkan CJ2 dan CJ3, yang diproduksi tidak hanya di Amerika Serikat tetapi juga di negara lain menggunakan lisensi. Di Perancis, model tersebut muncul pada tahun 1950 dan 1955 dengan nama Delahaye dan Hotchkiss.

Pada saat yang sama, muncul jip sipil lain, seperti Land Cruiser di Inggris (1948), Fiat Campagnola di Italia (1951), dan Toyota Land Cruiser FJ55 (1954) serta Nissan Patrol di Jepang (1950-an).

Mercedes-Benz G-Class produksi ke-500.000Dok. Mercedes-Benz Mercedes-Benz G-Class produksi ke-500.000

Mengutip buku “Sejarah Mobil & Kisah Kehadiran Mobil di Negeri Ini,” karya James Luhulima, dari konsep jip sipil tersebut lahir mobil utility vehicle yang kemudian berkembang menjadi sport utility vehicle atau SUV.

SUV pertama kali muncul di Amerika Serikat pada tahun 1960-an dengan nama utility vehicle. Mobil tersebut bermerek International Harvester dan dikenal sebagai International Harvester Scout.

Kehadiran International Harvester Scout diikuti oleh Jeep Wagoner dan Cherokee, Ford Bronco, Toyota Land Cruiser FJ55, Chevrolet Blazer, Range Rover, serta Mitsubishi Pajero (Montero) dan Nissan Patrol.

SUV Century ConvertibleYoutube Toyota Japan SUV Century Convertible

Meski saat itu SUV berkembang pesat, tidak semua jip sipil diperuntukkan sebagai SUV. Beberapa pabrikan memilih untuk mempertahankan tampilan jip klasik yang kaku dan kokoh.

Contohnya, Mercedes-Benz masih mempertahankan G-Class namun juga mengembangkan SUV di seri GLS, GLE, dan GLC. Contoh lain adalah Wrangler dan Land Rover Defender yang tetap mengusung desain jip.

Istilah SUV pertama kali muncul dalam brosur Jeep Cherokee SJ pada tahun 1974, sehingga mobil tersebut dianggap sebagai salah satu SUV pertama di dunia.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *