BeritaKesehatan

MediaTekDimensity 9300+ Resmi Dikenalkan, Tawarkan Peningkatan Performa Pemrosesan AI Generatif

×

MediaTekDimensity 9300+ Resmi Dikenalkan, Tawarkan Peningkatan Performa Pemrosesan AI Generatif

Share this article
MediaTekDimensity 9300+ Resmi Dikenalkan, Tawarkan Peningkatan Performa Pemrosesan AI Generatif

MediaTek baru saja meluncurkan chipset terbarunya, yaitu Dimensity 9300+ yang menghadirkan berbagai peningkatan signifikan. Chipset ini termasuk dalam portofolio Dimensity dan menawarkan berbagai fitur baru. Apa saja keunggulan dari chipset ini?

MediaTek Dimensity 9300+. [MediaTek]

Dimensity 9300+ menawarkan peningkatan kecepatan clock serta dirancang untuk mempercepat pemrosesan AI generatif pada perangkat, dengan dukungan lebih luas untuk LLM (Large Language Model) dan peningkatan kinerja dibandingkan pendahulunya, Dimensity 9300.

JS Hsu, Corporate Senior Vice President MediaTek, menjelaskan, “Dimensity 9300+ akan membantu kami terus membangun ekosistem kaya aplikasi AI generatif berkat dukungan LLM yang luas pada chip ini serta LoRA Fusion pada perangkat.

Lebih lanjut, Hsu menambahkan, “Untuk meningkatkan pengalaman AI ini, Dimensity 9300+ menawarkan kinerja dan penyempurnaan mengesankan untuk mempercepat inferensi LLM, memungkinkan pemrosesan token lebih cepat untuk pengalaman pengguna yang lebih baik.

Chipset ini memanfaatkan desain All-Big-Core dengan proses TSMC 4nm generasi ketiga. Dimensity 9300+ memiliki satu inti Arm Cortex-X4 beroperasi hingga 3,4 GHz, didukung tiga inti Cortex-X4, dan empat inti Cortex-A720.

Dimensity 9300+ juga memperkenalkan pemrosesan AI yang lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya, berkat teknologi NeuroPilot Speculative Decode Acceleration baru, yang mendukung mesin AI generatif.

Mesin APU 790 AI yang kuat memungkinkan chipset ini mendukung LLM dengan parameter 1B, 7B, dan 13B, serta skalabilitas hingga 33B, menjadikannya cepat dan efisien dalam menangani LLM.

Dengan teknologi NeuroPilot Speculative Decode Acceleration, chipset ini dapat menjalankan LLM dengan tujuh miliar parameter dengan kecepatan 22 token per detik, lebih dari dua kali lipat kecepatan solusi kompetitif lainnya di pasaran.

Dimensity 9300+ mengintegrasikan mesin raytracing perangkat keras generasi kedua dengan GPU Arm Immortalis-G720, memberikan pengalaman raytracing yang cepat bagi para gamer pada kualitas 60 FPS yang mulus serta efek pencahayaan global setara konsol.

Chipset ini juga memanfaatkan teknologi HyperEngine terbaru, yang meningkatkan berbagai aspek video game secara signifikan. MediaTek Adaptive Gaming Technology (MAGT) menawarkan efisiensi daya ketika diaktifkan dalam permainan populer, membantu memperpanjang masa pakai baterai dan menjaga perangkat tetap dingin.

Selain fitur tersebut, chip ini mengintegrasikan Network Observation System (NOS) dari HyperEngine yang baru, meningkatkan koneksi jaringan ganda WiFi/Seluler, serta memanfaatkan teknologi prediksi jaringan. Dengan NOS aktif, pengguna dapat menghemat energi hingga 10% dan data seluler hingga 25%.

Dengan ISP Imagiq 990 yang menawarkan pemrosesan RAW 18-bit, Dimensity 9300+ memungkinkan pengguna mengambil foto dan video berkualitas tinggi, bahkan di lingkungan dengan cahaya redup. Imagiq 990 dilengkapi mesin analisis video semantik AI untuk mendukung fitur videografi AI tingkat lanjut, termasuk segmentasi 16 adegan dalam pengambilan video real-time.

Dimensity 9300+ juga mengintegrasikan MiraVision 990 yang memiliki teknologi AI depth engine canggih untuk meningkatkan konten di perangkat pintar.

Chipset ini ideal untuk berbagai aplikasi AI, menawarkan berbagai dukungan antara lain:

  • Dukungan untuk LoRA Fusion dan NeuroPilot LoRA Fusion 2.0 pada perangkat, yang memungkinkan pengembang dengan cepat memasarkan aplikasi AI generatif baru dalam berbagai format, termasuk teks, gambar, dan musik.
  • Dukungan untuk LLM terbaru termasuk 01.AI Yi-Nano, Alibaba Cloud Qwen, Baichuan AI, ERNIE-3.5-SE, Google Gemini Nano, serta Meta Llama 2 dan Llama 3.
  • Delegasi solusi ExecuTorch untuk ekosistem yang menerapkan inferensi pada perangkat.

Untuk memberikan konektivitas cepat dan andal kepada pengguna dalam berbagai skenario, Dimensity 9300+ menghadirkan modem 5G R16 yang dirancang dengan teknologi AI situational awareness. Modem ini mendukung 4CC-CA Sub-6GHz dengan kecepatan downlink mencapai 7Gbps.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *