BeritaKesehatan

MediaTek Rilis Chipset Chromebook, Smart TV dan Layar dengan Kemampuan Pemrosesan AI

×

MediaTek Rilis Chipset Chromebook, Smart TV dan Layar dengan Kemampuan Pemrosesan AI

Share this article
MediaTek Rilis Chipset Chromebook, Smart TV dan Layar dengan Kemampuan Pemrosesan AI

Dalam gelaran COMPUTEX 2024, sebuah perusahaan teknologi terkenal akan mengenalkan produk-produk baru dan teknologi yang menonjolkan kemampuan pemrosesan AI. Chipset yang ditawarkan akan dihadirkan untuk perangkat smart TV, Chromebook, IoT, dan banyak lainnya.

Selain itu, Wakil Ketua dan CEO perusahaan tersebut juga akan menyampaikan bagaimana fokus mereka untuk mengoptimalkan teknologi AI yang tersebar luas.

Pada pertunjukan tahun ini, mereka akan meluncurkan dua chipset baru yang lebih kuat, termasuk dukungan penyempurnaan AI terkini di berbagai sektor, antara lain SoC Kompanio 838 untuk Chromebook premium dan SoC Pentonic 800 untuk smart TV dan layar premium 4K.

Rencananya, Wakil Ketua dan CEO tersebut akan menyampaikan pidato utama di COMPUTEX 2024 mengenai bagaimana teknologi AI akan terus mentransformasi mobilitas, transportasi, rumah pintar, perusahaan, dan lingkungan industri.

Pada hari Selasa, 4 Juni pukul 13:30 waktu Taiwan, pidato utama akan dilangsungkan di Taipei Nangang Exhibition Center Hall 2 di Taipei, Taiwan.

Pada COMPUTEX tahun ini, kami menonjolkan kekuatan kami yang semakin berkembang pada produk menarik, seperti AI, otomotif, IoT, TV, Chromebook, konektivitas nirkabel, dan banyak lainnya,” kata seorang presiden perusahaan tersebut.

Dengan peningkatan pengalaman pengguna pada chipset terbaru kami, ini kesempatan baik untuk menunjukkan pertumbuhan kami di segmen teknologi penting ini,” tambahnya.

Kompanio 838: Memperkuat produktivitas, pembelajaran, dan kreativitas

Kompanio 838 octa-core menawarkan performa luar biasa dan kemampuan multitasking ke dalam SoC yang didesain untuk memungkinkan masa pakai baterai bertahan sepanjang hari pada Chromebook yang tipis dan ringan.

Chipset baru ini mendukung DDR4 dan LPDDR4X untuk memenuhi persyaratan OEM yang lebih luas, dan menggandakan bandwidth memori dibandingkan generasi sebelumnya sehingga menyediakan throughput data yang jauh lebih besar.

Untuk mendukung peningkatan AI terbaru, Kompanio 838 mengaktifkan prosesor AI khusus untuk menyediakan fitur multimedia lebih interaktif, berkualitas lebih tinggi, serta hemat daya yang tak tertandingi.

APU juga dirancang untuk pemrosesan data gambar lebih bagus dan mampu mengeksekusi komputasi kompleks dengan cepat.

MediaTek Imagiq 7 series ISP generasi berikutnya juga dirancang guna menciptakan kualitas gambar HDR profesional, dukungan kamera ganda, dan pengambilan cahaya redup, sehingga kualitas foto dan video semakin bagus.

Di sisi lain, dengan decoding video AV1 perangkat keras, Kompanio 838 memungkinkan pengguna melakukan streaming konten 4K secara mulus, sekaligus meningkatkan kualitas gambar.

Selain itu, chipset ini mendukung hingga dua layar 4K secara bersamaan untuk memberi pengguna lebih banyak tampilan riil. Kompanio 838 juga mendukung teknologi Wi-Fi 6 dan 6E untuk opsi konektivitas dual-band dan tri-band ke Chromebook dengan kecepatan hingga 1,9Gbps, sekaligus menyediakan konektivitas lebih andal berkat antena 2×2 dan keamanan yang ditingkatkan dengan WPA3.

Keseimbangan antara kekuatan dan efisiensi yang dihadirkan Kompanio 838 pada Chromebook adalah poin penting dalam inovasi dalam portofolio kami, seiring upaya kami menghadirkan komputasi yang kuat, terjangkau, dan mudah diakses oleh lebih banyak pengguna di seluruh dunia,” kata seorang VP dari Google untuk Pendidikan.

Bersama-sama, kami menghadirkan Chromebook tipis dan ringan dengan fitur AI yang bermanfaat bagi lebih banyak pelanggan,” imbuhnya.

Kebutuhan akan perangkat hemat daya yang mampu multitasking terus meningkat. Kami berkomitmen untuk memberdayakan para siswa dan guru dengan perangkat dan solusi teknologi yang meningkatkan pembelajaran di kelas dan di luar kelas,” kata seorang Direktur Eksekutif dari Lenovo.

Perusahaan dan mitra kami memiliki kemitraan jangka panjang yang berfokus memberikan kinerja dan nilai, dan kami berharap dapat menghadirkan chip seri Kompanio ke Chromebook Lenovo kami yang akan datang,” imbuhnya.

Pentonic 800: Mesin AI Kuat dengan Gambar Berkualitas Terdepan di Industri

Pentonic 800 menghadirkan pengalaman video, audio, dan cloud gaming terbaik di kelasnya. SoC ini ideal untuk berbagai layar 4K, seperti smart TV, monitor pintar, layar komersial, dan layar besar yang tertanam.

Dibandingkan dengan chip generasi sebelumnya, prosesor AI MediaTek ini menawarkan pemrosesan AI 50 persen lebih cepat dan mengurangi pemakaian bandwidth hingga 60 persen.

APU yang kuat ini mendukung beragam teknologi tampilan yang didukung AI MediaTek, seperti AI-Super Resolution, AI-Contrast, dan AI-Picture Quality Recognition.

Teknologi-teknologi ini secara signifikan telah mengalami peningkatan, seperti peningkatan kualitas gambar, dan menghilangkan noise, serta banyak penyempurnaan lainnya untuk streaming dan bermain game. Untuk lebih mengoptimalkan gaming, Pentonic 800 mendukung variabel refresh rate hingga 4K2K 165Hz.

Selain itu, mesin decoding video perangkat keras Pentonic 800 mendukung key codec populer seperti HEVC, AV1, dan VVC untuk pemutaran video 4K berkualitas tinggi.

Chip ini juga mendukung MEMC, TCON, dan audio resolusi tinggi. Oleh karena itu, para OEM produsen memiliki fleksibilitas untuk menambahkan solusi konektivitas untuk menyediakan konektivitas berkecepatan tinggi andal dengan latensi rendah.

Selama Computex, pameran akan diadakan di stan pribadi, menunjukkan bagaimana perusahaan tersebut menghadirkan kecerdasan dalam berbagai sektor mulai dari Chromebook hingga perangkat IoT, ponsel cerdas, smart TV, router, tablet, kendaraan, dan lainnya.

https://www.youtube.com/watch?v=error

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *