BeritaOtomotif

Mau Simpan Ban Mobil, Jangan Ditumpuk

×

Mau Simpan Ban Mobil, Jangan Ditumpuk

Share this article
Mau Simpan Ban Mobil, Jangan Ditumpuk

JAKARTA – Ban mobil terbuat dari karet sehingga tidak memiliki tanggal kedaluwarsa, berbeda dengan roti atau bahan makanan lain yang bisa basi dan memiliki umur pakai tertentu.

Bagus Raditya, seorang supervisor di Trijaya Ban 83, Otista, Jakarta Timur, mengungkapkan bahwa selama ban disimpan dengan baik, maka pada dasarnya kualitas ban tidak akan menurun.


Ilustrasi ban mobil baru

Adit, panggilannya, menjelaskan bahwa dalam proses penyimpanan, ban tidak boleh ditumpuk sembarangan karena dapat mengubah struktur ban.

“Ada ketentuan untuk penumpukan, di Bridgestone misalnya, maksimal lima tumpuk untuk beberapa ukuran, dan 10 tumpuk untuk ukuran lainnya,” ujar Adit.

Ia menambahkan, jika ban belum pernah dipakai dan disimpan dengan cara yang tepat, tidak ada penurunan kualitas yang signifikan.

“Jika penyimpanan dilakukan dengan baik, dalam lima tahun tidak ada perbedaan (penurunan kualitas). Yang berbeda adalah garansi dari pabrik,” jelasnya.

Ilustrasi ban mobil bekas.
Ilustrasi ban mobil bekas.

Dia menegaskan bahwa garansi pabrik, khususnya Bridgestone, berlaku selama lima tahun setelah produksi. Jika setelah lima tahun ada masalah dengan ban, klaim garansi tidak bisa dilakukan.

Adit juga menekankan pentingnya penyimpanan ban dilakukan dengan standar yang baik.

“Contohnya, penyimpanan di gudang bengkel masing-masing. Pertama, jangan sampai terkena panas dan bahan kimia seperti oli, dan jangan ditumpuk sembarangan karena ada batasannya,” ujarnya.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *