BeritaOtomotif

Lorenzo Yakin Marquez Masih Terbebani Cedera Jerez 2020

×

Lorenzo Yakin Marquez Masih Terbebani Cedera Jerez 2020

Share this article
Lorenzo Yakin Marquez Masih Terbebani Cedera Jerez 2020

JAKARTA – Jorge Lorenzo mengungkapkan penyebab mengapa Marc Marquez belum bisa meraih kemenangan pada balapan utama. Menurutnya, cedera parah yang dialami Marquez pada MotoGP Spanyol 2020 masih memberikan dampak yang signifikan.

Empat tahun lalu, Marquez mengalami cedera serius di Sirkuit Jerez yang menyebabkan patah tulang pada lengan kanannya. Cedera tersebut mengharuskan Marquez absen hampir semusim penuh.


Dok. Gresini Racing Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Inggris 2024

Selama periode 2020 hingga 2022, Marquez harus menjalani empat kali operasi besar untuk memperbaiki tangannya. Setelah semua perawatan tersebut, Marquez diklaim telah sembuh total secara fisik.

Namun, Lorenzo yakin bahwa cedera tersebut masih membebani Marquez, yang diyakini menjadi salah satu faktor sulitnya meraih kemenangan, meskipun kini ia telah menggunakan Ducati Desmosedici GP23.

“Cedera di Jerez 2020 saya rasa masih membebani dirinya secara fisik. Kita telah melihat para juara hebat, seperti Mick Doohan, yang memenangkan empat kejuaraan dunia hanya dengan satu kaki,” ungkap Lorenzo, seperti dikutip dari Crash.net.

Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Austria 2024
Dok. Gresini Racing Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Austria 2024

Lorenzo menambahkan bahwa ada beberapa momen pengereman yang menunjukkan bahwa cedera yang dialami Marquez masih memengaruhi kemampuannya. Semua ini membuatnya belum berhasil meraih kemenangan meskipun menggunakan motor terbaik sekalipun.

“Apakah mungkin dia akan meraih kemenangan dengan motor 2024? Apakah mungkin dia akan memimpin kejuaraan dunia? Saya tidak tahu,” ujarnya.

Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Jerman 2024
Dok. Gresini Racing Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Jerman 2024

Menurut Lorenzo, sebelum cedera di tahun 2019, Marquez sebenarnya berada di level yang lebih tinggi dibandingkan pebalap lain, baik dari segi gelar, teknik, maupun fisik. Ketika Marquez pindah ke Ducati, banyak yang yakin ia bisa menjadi juara dunia dan bahkan memiliki potensi untuk menyapu bersih kemenangan setiap serinya.

Marc Marquez
Twitter.com/marcmarquez93 Marc Marquez

“Saya bahkan menyebutkan bahwa dia akan memenangkan kejuaraan. Bahwa memang tidak akan menyapu bersih, tetapi dia akan memenangkan kejuaraan. Namun hingga saat ini, dia masih berjuang untuk meraih kemenangan. Dia berhasil naik podium, tetapi kemenangan belum juga diraih, dan dia adalah Marc Marquez,” tambah Lorenzo.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *