BeritaOtomotif

Komponen Penting buat Penyuka Mobil Retro

×

Komponen Penting buat Penyuka Mobil Retro

Share this article
Komponen Penting buat Penyuka Mobil Retro

DEPOK – Tren mobil retro tahun ’80-an dan ’90-an kembali menggeliat dan menjadi incaran anak muda. Namun, mobil tua sering kali memiliki masalah, terutama di bagian mesin.

Mamang Mawardi, pemilik bengkel spesialis Toyota Starlet, Depok Auto Care, menjelaskan bahwa salah satu komponen yang memerlukan perhatian khusus pada mobil lawas adalah karburator.

Foto: Gilang Toyota Starlet sedang servis di Depok Auto Care

Karburator berfungsi untuk mencampurkan bahan bakar dan udara dalam proporsi yang tepat agar bisa terbakar secara efisien di dalam mesin. Karburator bisa disebut sebagai komponen kunci dalam sistem pembakaran mobil yang mengatur campuran bensin dan udara. Tanpa karburator, mobil tidak akan memiliki tenaga yang cukup.

Kurangnya sumber daya saat ini membuat bengkel menjadi jarang melakukan perbaikan pada mesin dan karburator secara bersamaan.

Toyota Starlet sedang servis di Depok Auto CareFoto: Gilang Toyota Starlet sedang servis di Depok Auto Care

Mamang menambahkan, “Saya tidak mempermasalahkan jika orang harus membawa karburator ke bengkel karburator dan bengkel mesin harus ke mesin. Mobil adalah satu sistem, jadi karburator dan mesin harus bekerja sama.”

“Jika karburator sudah diatur sebaik mungkin, tetapi mesin bermasalah, misalnya timing yang tidak tepat, maka akan sia-sia. Begitu juga sebaliknya,” jelasnya. “Di sini, DAC berfungsi beriringan, sehingga jika ada masalah, komunikasi langsung terjadi dan semua komponen ada di tempat.”

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *