BeritaOtomotif

Kijang Innova Zenix Hybrid Paus Fransiskus Tidak Anti Peluru, Paspampres: Permintaan Vatikan

×

Kijang Innova Zenix Hybrid Paus Fransiskus Tidak Anti Peluru, Paspampres: Permintaan Vatikan

Share this article
Kijang Innova Zenix Hybrid Paus Fransiskus Tidak Anti Peluru, Paspampres: Permintaan Vatikan

Paus Fransiskus Di Jakarta – Mobil Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid yang ditumpangi Paus Fransiskus di Jakarta tidak dilengkapi dengan teknologi antipeluru, meskipun fitur keamanan tersebut biasanya ada pada kendaraan resmi kepala negara.

Paus Fransiskus, yang merupakan Kepala Negara Vatikan sekaligus Pemimpin Gereja Katolik, telah menggunakan Zenix Hybrid sejak kedatangannya di Indonesia pada Selasa (4/9/2024) hingga hari ini.

Komandan Pasukan Pengamanan Presiden, Mayjen TNI Achiruddin menyatakan bahwa meskipun kendaraan yang digunakan Paus tidak memiliki teknologi anti peluru, pihaknya tetap memastikan keamanan terlaksana dengan maksimal.

“Walaupun mobil yang dipakai bukanlah mobil anti peluru, pengamanan Paus Fransiskus selama perjalanan tetap dilaksanakan dengan ketat dan maksimal,” kata Achiruddin di Jakarta, Selasa (3/9/2024).

Menurutnya, kendaraan yang digunakan oleh Paus Fransiskus merupakan permintaan langsung dari pihak Vatikan yang menginginkan mobil yang simpel dan sederhana.

“Mobil yang digunakan oleh Paus Fransiskus disesuaikan dengan permintaan dari pihak Vatikan yang menginginkan kendaraan yang simpel, sederhana, dan umum,” ungkapnya.

Meskipun demikian, Achiruddin menegaskan bahwa Paspampres tetap memberikan pengamanan maksimal terhadap Paus Fransiskus sesuai dengan prosedur operasi standar (SOP) yang ada.

“Kami menyesuaikan dengan permintaan tersebut. Namun, pengamanan yang diberikan Paspampres tetap maksimal sesuai dengan SOP yang berlaku. Semua faktor kami antisipasi dan kami berikan pengamanan secara maksimal terhadap objek VVIP Paus Fransiskus,” jelas Achiruddin.

Paus Fransiskus, yang tiba di Indonesia pada hari Selasa, telah dijamu oleh Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta. Petang ini, beliau akan mengadakan pertemuan dengan umat Katolik di Gereja Katedral Jakarta.

Pada Kamis, ia direncanakan untuk berkunjung ke Masjid Istiqlal, Jakarta, dan pada sore harinya akan memimpin misa akbar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

Pada hari Jumat (6/9/2024), Paus Fransiskus akan meninggalkan Jakarta menuju Port Moresby, Papua Nugini, dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *