KLATEN – Gardan atau diferensial merupakan komponen penting yang berfungsi untuk memindahkan daya dari transmisi ke poros penggerak roda mobil.
Tugas gardan tidak hanya sekadar meneruskan putaran, tetapi juga untuk membagi rasio putaran antara roda penggerak kanan dan kiri.
Pada dasarnya, putaran roda kanan dan kiri tidak selalu seimbang. Dalam kondisi tertentu, putaran kedua roda harus berbeda agar kendaraan dapat melaju dengan nyaman tanpa merusak komponen lainnya.
Hardi Wibowo, pemilik bengkel Aha Motor Yogyakarta, menjelaskan bahwa pada saat mobil berbelok ke kanan, roda kiri harus berputar lebih banyak dibandingkan roda kanan, dan sebaliknya. Ketika salah satu sisi roda melintas di permukaan yang cekung atau cembung, roda tersebut juga membutuhkan putaran yang lebih banyak.
“Jika putaran roda kanan dan kiri tidak seimbang, maka akan muncul tegangan atau gaya puntir yang berlebihan, yang dapat mengakibatkan ketidaknyamanan saat berkendara,” kata Hardi.
Transmisi mobil matik CVT
Ia menambahkan bahwa permukaan ban bisa cepat aus akibat gaya puntir berlebihan, yang seharusnya tidak terjadi, ditambah lagi getaran yang ditimbulkan dari masalah tersebut.
Dengan adanya gardan, laju mobil menjadi lebih nyaman karena setiap roda dapat berputar sesuai kebutuhan.
“Setiap mobil pasti memerlukan komponen gardan. Ini tidak hanya berlaku bagi kendaraan yang menggunakan sistem penggerak roda belakang dengan posisi mesin di depan. Beberapa mobil juga memiliki gardan yang tergabung dalam rumah transmisi,” ujar Hardi.
Gardan yang tergabung dalam rumah transmisi biasanya ada pada mobil dengan sistem penggerak roda depan dan posisi mesin di depan, baik yang menggunakan transmisi manual maupun otomatis.