BeritaOtomotif

Kenali Perbedaan Cruise Control dan Adaptive Cruise Control

×

Kenali Perbedaan Cruise Control dan Adaptive Cruise Control

Share this article
Kenali Perbedaan Cruise Control dan Adaptive Cruise Control

JAKARTA – Fitur cruise control dan adaptive cruise control kini semakin umum ditemukan di mobil modern.

Teknologi ini dirancang untuk meningkatkan kenyamanan dan keselamatan saat berkendara, namun ada perbedaan mendasar yang perlu diketahui oleh pengguna.

Meskipun keduanya dapat menjaga kecepatan kendaraan secara otomatis, cara kerja dan manfaat yang ditawarkan oleh teknologi ini berbeda.

Cruise control adalah teknologi yang memungkinkan mobil untuk mempertahankan kecepatan konstan tanpa perlu pengemudi menginjak pedal gas.

Sementara itu, adaptive cruise control (ACC) merupakan pengembangan dari cruise control standar, di mana fitur ini dapat menyesuaikan kecepatan kendaraan secara otomatis berdasarkan jarak dengan kendaraan di depan.

Teknologi ACC menawarkan tingkat kenyamanan dan keamanan yang lebih baik, terutama ketika berada di jalan tol atau dalam perjalanan jarak jauh.

Menurut Lung Lung, pemilik Dokter Mobil, fitur adaptive cruise control lebih unggul dalam hal keselamatan.

“Pada cruise control biasa, pengemudi harus tetap waspada dan mengatur jarak dengan kendaraan lain. Adaptive cruise control mampu membaca kondisi lalu lintas di depan. Fitur ini akan memperlambat mobil secara otomatis jika ada kendaraan yang lebih lambat di depan, dan kembali mempercepat ketika jalanan kosong,” jelas Lung Lung pada Rabu (11/9/2024).

Dokter Mobil/Donny Tombol Cruise Control pada Suzuki XL7 Hybrid Alpha

Ia juga menambahkan bahwa adaptive cruise control sangat cocok untuk pengendara yang sering melewati jalan tol yang padat, di mana kondisi lalu lintas cenderung bervariasi.

“Keunggulan utama adaptive cruise control adalah kemampuannya untuk menyesuaikan kecepatan tanpa perlu intervensi pengemudi, sehingga lebih aman dan nyaman saat melaju di jalur cepat,” tambahnya.

Namun, Lung Lung mengingatkan bahwa meskipun fitur-fitur ini membantu, pengemudi tetap harus waspada.

“Teknologi ini bukan pengganti konsentrasi pengemudi. Meskipun adaptive cruise control dapat membaca kondisi di depan, pengemudi tetap perlu siaga dan siap untuk mengambil alih kendali kapan saja,” ujarnya.

Baik cruise control maupun adaptive cruise control memiliki peran penting dalam meningkatkan pengalaman berkendara.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *