BeritaOtomotif

Kenali Penyebab Bearing Roda Sepeda Motor Cepat Rusak

×

Kenali Penyebab Bearing Roda Sepeda Motor Cepat Rusak

Share this article
Kenali Penyebab Bearing Roda Sepeda Motor Cepat Rusak

JAKARTA – Dalam kondisi tertentu, sepeda motor sering mengeluarkan bunyi ketukan yang cukup keras ketika melewati jalanan yang tidak rata atau saat tuas rem ditarik.

Penyebabnya bervariasi tergantung dari sumber suara tersebut. Namun, yang paling umum terjadi adalah adanya kerusakan pada bearing roda.


Daytona.id Bearing roda motor

Kepala Bengkel Honda Bintang Motor Cinere, Ribut Wahyudi, menjelaskan bahwa jika bunyi keras berasal dari roda dan sepeda motor terasa goyang, kemungkinan besar masalahnya terletak pada bearing.

“Kerusakan bearing biasanya disebabkan oleh jalan berlubang, polisi tidur, atau gaya berkendara yang kurang hati-hati seperti sering melewati lobang,” kata dia.

Wahyudi menambahkan bahwa beban berat sepeda motor ditumpu oleh bearing, sehingga setiap kejut dari permukaan jalan akan sangat terasa.

Selain bentuk jalan yang bergelombang, lingkungan juga mempengaruhi usia bearing roda karena benda asing bisa masuk ke dalamnya.

“Penyebab lainnya adalah seal bearing yang sudah aus, sehingga air mudah masuk,” lanjutnya.

Dia juga menjelaskan bahwa bearing pada roda sepeda motor dilengkapi dengan seal atau karet penutup untuk mencegah masuknya debu atau kotoran, diharapkan agar bearing lebih tahan lama.

“Selalu perhatikan bagian seal roda dan bersihkan segera jika ada kotoran untuk perawatan ringan yang dapat memperpanjang usia bearing. Seal tersebut juga menjaga pelumas di dalam bearing agar tidak mengering,” kata Instruktur Sepeda Motor Otomotor Academy Yogyakarta, Jihan, dalam kesempatan terpisah.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *