JAKARTA – Bagi pemilik sepeda motor, perawatan rutin sangat penting agar kendaraan tetap awet dan performanya optimal.
Salah satu aspek yang sering terabaikan namun sangat krusial adalah menguras tangki bahan bakar minyak (BBM).
Walaupun terlihat sepele, perawatan tangki memiliki dampak besar terhadap kondisi sepeda motor dalam jangka panjang.
Ilustrasi tangki motor berkarat
Reza Resdie, dari Technical Service Division, menyatakan bahwa tidak ada waktu rekomendasi khusus untuk menguras tangki BBM sepeda motor.
“Kami tidak memberikan rekomendasi secara periodik. Tapi sarannya, pengguna diharapkan untuk datang ke bengkel resmi sesuai dengan periodical maintenance yang kami anjurkan dalam setahun,” imbuh Reza.
“Untuk model PCX 160, misalnya, dalam setahun sebaiknya dilakukan tiga kali, yakni pada 1.000 Km, 6.000 Km, dan setiap kelipatannya. Tujuannya untuk memastikan kondisi motor masih prima atau tidak,” tambahnya.
Walaupun demikian, Reza menyarankan agar tangki BBM sebaiknya dikuras untuk motor yang sering diparkir atau jarang digunakan.
“Motor yang sudah lama digunakan namun tidak menguras tangki bahan bakarnya bisa menyebabkan bahan bakar mengendap dan menjadi basi,” ujarnya.
“Bahan bakar yang basi dapat mempercepat kerusakan pada fuel pump, karena kualitasnya turun dan tidak lagi layak digunakan,” pungkasnya.