BeritaOtomotif

Jangan Sampai Tertipu, Ini Perbedaan Coating dan Poles

×

Jangan Sampai Tertipu, Ini Perbedaan Coating dan Poles

Share this article
Jangan Sampai Tertipu, Ini Perbedaan Coating dan Poles

JAKARTA – Ada banyak cara untuk membuat cat mobil semakin mengilap. Salah satunya adalah dengan poles atau memasang coating.

Secara umum, coating lebih unggul dibandingkan poles karena memberikan tampilan mobil yang lebih mengilap, bersih, dan seolah masih baru. Selain itu, biaya perawatan antara poles dan coating juga cukup berbeda.

Pemilik kendaraan sebaiknya memahami perbedaan antara poles dan coating agar tidak tertipu oleh bengkel nakal yang menawarkan coating dengan harga rendah, padahal sebenarnya hanya melakukan poles.

Daniel, pemilik Barcode Autodetailing, mengungkapkan bahwa saat ini banyak bengkel detailing yang menawarkan coating dengan harga murah, bahkan di bawah Rp 1 juta.

Sumber: Aprida Mega Nanda Perbedaan coating dan poles mobil

“Prinsip dasar nomor 1, ada harga ada rupa. Banyak yang mengatasnamakan coating dengan harga murah. Mungkin banyak pelanggan yang merasa tertarik, tetapi pada praktiknya, mereka yang menggunakan layanan detailing murah sering kali datang kembali ke tempat kami,” ucap Daniel saat ditemui di Gading Serpong, Tangerang, Kamis (19/9/2024).

Daniel melanjutkan bahwa dahulu banyak bengkel autodetailing murah yang memangkas proses pengerjaan. Namun saat ini, beberapa di antaranya menggunakan produk detailing palsu.

“Dulunya, coating yang murah memangkas langkah pengerjaan tetapi menggunakan produk berkualitas rendah, sehingga hasilnya tidak maksimal dan daya tahannya juga singkat. Produk palsu tidak bertahan lebih dari sebulan, sementara produk yang berkualitas bisa bertahan bertahun-tahun, bahkan lebih dari 5 tahun,” jelas Daniel.

Bicara soal biaya, harga coating dimulai dari Rp 2,5 juta.

“Coating paling murah adalah Rp 2,5 juta, khusus untuk mobil LCGC atau city car,” tambahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *