BeritaKesehatan

Jangan Sampai Salah, Ini Tips Memilih Obat Batuk Bebas yang Tepat

×

Jangan Sampai Salah, Ini Tips Memilih Obat Batuk Bebas yang Tepat

Share this article
Jangan Sampai Salah, Ini Tips Memilih Obat Batuk Bebas yang Tepat

Batuk adalah mekanisme alami tubuh untuk membersihkan saluran pernapasan dari iritasi atau benda asing. Namun, batuk yang terus-menerus dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Banyak obat batuk bebas yang tersedia di pasaran, namun memilih yang tepat bisa membingungkan.

Obat batuk dijual bebas (OTC) yang mudah didapat dan terjangkau bisa menjadi pilihan untuk membantu meredakan batuk. Namun, penting untuk memilih jenis obat sesuai dengan gejala yang dialami.

Menurut dokter spesialis penyakit dalam, pemilihan obat batuk OTC harus dilakukan dengan cermat. Jika obat yang diminum tidak sesuai, gejala batuk mungkin tidak teratasi.

“Sebaiknya di tahap awal dapat melakukan pengobatan sendiri untuk meredakan gejala batuk. Namun, penting untuk mengetahui jenis batuk yang diderita, apakah batuk kering atau berdahak, dan apakah ada paparan alergen. Juga perlu diperhatikan sudah berapa lama menderita batuk,” ungkap dokter spesialis.

Lebih lanjut, dokter juga menekankan untuk segera menemui tenaga medis jika batuk tidak kunjung sembuh.

Tips Memilih Obat Batuk Bebas:

1. Kenali Jenis Batuk

Gejala batuk yang berbeda memerlukan kandungan obat yang berbeda pula. Untuk itu, penting untuk memperhatikan kolom kandungan yang tertera pada kemasan obat dan menyesuaikannya dengan jenis batuk yang dialami.

Untuk batuk berdahak: disarankan mengonsumsi obat batuk OTC yang mengandung ekspektoran seperti guaifenesin. Untuk batuk kering: pilih obat yang mengandung antitusif seperti dextromethorphan. Sedangkan untuk batuk tidak berdahak yang disebabkan alergi, sebaiknya minum obat yang mengandung chlorpheniramine atau antihistamin.

2. Baca Label dengan Teliti

Obat batuk OTC, jika dikonsumsi tidak sesuai dosis dan jangka waktu yang disarankan, bisa menimbulkan efek samping seperti mual, muntah, dan perubahan tekanan darah. Oleh karena itu, penting untuk selalu membaca label dengan teliti, terutama mengenai dosis, efek samping, dan interaksi obat.

Obat OTC lebih dianjurkan sebagai pertolongan pertama dan untuk batuk akut, bukan untuk batuk kronis. Penting untuk menjaga dosis yang tepat saat menggunakan obat batuk OTC, karena konsumsi berlebihan dapat berdampak negatif bagi kesehatan.

3. Obati Penyebab Batuk

Secara umum, batuk bersifat ‘self-limiting’ yang berarti akan hilang dengan sendirinya. Jika batuk tidak kunjung sembuh, perlu diwaspadai adanya penyebab batuk lainnya. Oleh karena itu, konsultasikan dengan tenaga medis untuk mencari tahu penyebabnya.

Itulah beberapa tips memilih obat batuk bebas yang harus diketahui agar tidak salah pilih.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *