BeritaOtomotif

Jajal Mobil Listrik Beringas Zeekr 001 FR di China

×

Jajal Mobil Listrik Beringas Zeekr 001 FR di China

Share this article
Jajal Mobil Listrik Beringas Zeekr 001 FR di China

NINGBO – Baru-baru ini kami mendapat kesempatan untuk mencoba berbagai model mobil Zeekr, termasuk Zeekr X dan Zeekr 009 yang dijadwalkan meluncur pada akhir 2024.

Selain itu, kami juga mencoba mobil listrik performa tinggi dari Zeekr, yaitu Zeekr 001 FR.

Hatchback lima penumpang ini sangat istimewa karena merupakan mobil tercepat yang dimiliki Zeekr saat ini. Proses pengembangannya melibatkan Kimi Raikkonen, Juara Dunia Formula 1 2007.

Sama seperti mobil lainnya, kami menjajal Zeekr 001 FR di Sirkuit Internasional Ningbo, China. Sirkuit ini didanai oleh Geely Holding Group yang juga menaungi Zeekr.

Foto: Zeekr Zeekr 001 FR

Kesannya saat pertama kali masuk ke kabin, interiornya sangat sporty. Kombinasi kulit dan alcantara mendominasi ruangan, dengan warna merah dan hitam yang menciptakan suasana seperti di kokpit supercar.

Di bagian luar, mobil ini juga terlihat sangat mengesankan, dengan spoiler besar di bagian depan dan sayap belakang yang dirancang untuk meningkatkan downforce.

Ketika pertama kali menginjak pedal gas, ada sedikit kekhawatiran bahwa mobil ini akan sulit dikendalikan. Namun, setelah melewati tikungan pertama, rasa cemas itu langsung hilang.

Nyatanya, mengendarai Zeekr 001 FR tidak menakutkan, melainkan sangat fun to drive. Mobil ini sangat stabil saat berbelok, ban terasa “lengket” dengan aspal tanpa ada gejala bodi yang kehilangan kendali.

 

Foto: CNEVPost Interior Zeekr 001 FR

Akselerasinya juga sangat baik. Begitu keluar dari tikungan dan menginjak pedal gas, mobil melesat dengan cepat namun tetap terasa halus, bahkan saat mode berkendara diubah menjadi mode sport.

Sayangnya, kami tidak bisa melakukan uji akselerasi dari kondisi diam hingga 100 kpj karena situasi tidak memungkinkan.

Pada saat kami melakukan pengujian, Sirkuit Ningbo sedang diguyur hujan deras dan angin berhembus cukup kencang. Hal ini terbukti ketika kun (cone) untuk slalom terseret oleh angin.

Menurut klaim pabrikan, Zeekr 001 FR tipe penggerak semua roda (AWD) yang kami coba hanya membutuhkan waktu 2,37 detik untuk melesat dari 0 hingga 100 kpj.

Zeekr 001 FRFoto: Top Gear Zeekr 001 FR

Meskipun demikian, kami tetap merasakan performa mobil yang sangat menggugah. Secara keseluruhan, Zeekr 001 FR menawarkan tarikan yang kencang, pengendalian yang menyenangkan, dan desain yang menarik.

Desain eksterior menjadi nilai tambah yang signifikan. Studio Desain Zeekr di Gothenburg, Swedia, berhasil menciptakan desain menarik yang tidak hanya sukses di pasar lokal namun juga memiliki daya tarik global.

Instruktur Zeekr yang mendampingi kami dalam tes menyatakan bahwa pengaturan Zeekr 001 FR dan Zeekr 001 memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *