BeritaOtomotif

Jajal Burgman Street 125EX buat Harian, Konsumsi BBM Tembus Segini

×

Jajal Burgman Street 125EX buat Harian, Konsumsi BBM Tembus Segini

Share this article
Jajal Burgman Street 125EX buat Harian, Konsumsi BBM Tembus Segini

JAKARTA – Suzuki Burgman Street 125EX dilengkapi dengan mesin baru berkapasitas 125 cc SEP-Alpha yang menghasilkan tenaga sebesar 8,6 Tk pada 6.500 rpm dan torsi mencapai 10 Nm pada 5.500 rpm.

Berbeda dari generasi sebelumnya, model mesin skutik Suzuki kali ini sudah menggunakan sistem starter halus serta sistem idling stop.

Mesin ini dirancang tidak hanya untuk performa kencang, tetapi lebih untuk pengalaman cruising yang santai. Lantas, bagaimana dengan konsumsi bahan bakar motor ini?

Dokumentasi/DIO DANANJAYA Test ride Suzuki Burgman Street 125EX

Untuk mengetahui konsumsi BBM motor ini, dilakukan pengujian dengan mengendarai motor dari kawasan Sentul di Kabupaten Bogor menuju Palmerah di Jakarta Barat.

Pada pengujian ini, rute yang dilalui adalah jalur perkotaan yang cenderung macet dan sibuk pada hari kerja. Pengendara juga menerapkan gaya berkendara yang normal, tidak agresif namun tetap responsif.

Metode yang digunakan adalah full to full untuk mencerminkan penggunaan harian. Sebelum memulai perjalanan, motor diisi penuh dengan BBM RON 92.

Setelah menempuh jarak 97,9 Km yang tercatat pada layar MID, dibutuhkan 2,3 liter BBM untuk diisi kembali ke tangki Burgman Street 125EX yang memiliki kapasitas maksimal 5,5 liter.

Dengan menghitung jarak tempuh (97,9 Km) dibagi dengan jumlah pengisian BBM pada pengisian kedua (2,3 liter), dapat dihitung konsumsi BBM rata-rata Burgman Street 125EX lewat metode full to full mencapai 42,5 Km per liter.

Sementara itu, hasil yang tercatat pada MID adalah 45,6 Km per liter. Hasil tersebut dapat dikategorikan sebagai konsumsi BBM yang moderat.

Konsumsi BBM Burgman Street 125EX bukan yang paling efisien di kelasnya, tetapi juga tidak termasuk yang paling boros.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *