BeritaTeknologi

iPhone 16 Rilis Bulan September?

×

iPhone 16 Rilis Bulan September?

Share this article
iPhone 16 Rilis Bulan September?

Apple diperkirakan akan meluncurkan iPhone generasi baru, kemungkinan disebut iPhone 16 series, dalam waktu dekat. Jika mengikuti tradisi perusahaan, iPhone 16 diperkirakan akan dirilis pada bulan September mendatang.

Berdasarkan informasi dari Mark Gurman, jurnalis yang sering membagikan bocoran mengenai Apple, iPhone 16 series direncanakan akan diluncurkan pada hari Selasa (10/9/2024). Jika informasi ini akurat, maka iPhone 16 akan diluncurkan sekitar dua minggu lagi.

Tidak hanya iPhone, Gurman juga menyebut bahwa Apple akan memperkenalkan produk baru lainnya, termasuk smartwatch Apple Watch dan earbud nirkabel AirPods generasi terbaru dalam acara yang sama.

Setelah peluncuran, berbagai perangkat baru ini diperkirakan akan tersedia untuk konsumen pada hari Jumat (20/9/2024).

Selain hardware, acara tersebut juga diperkirakan akan menjadi momen di mana iOS terbaru, yaitu iOS 18, akan dirilis dalam versi stabil. Saat ini, sistem operasi ini sudah tersedia untuk pengguna iPhone namun masih dalam tahap beta.

Walaupun demikian, Apple belum secara resmi mengumumkan jadwal peluncuran iPhone 16 atau informasi terkait lainnya. Perusahaan teknologi ini juga belum mengundang media untuk peluncuran di markas utama mereka di Amerika Serikat, yang biasanya menjadi sumber bocoran mengenai jadwal acara.

Bocoran spesifikasi iPhone 16

Selain jadwal rilis, terdapat pula rumor mengenai spesifikasi iPhone 16 yang beredar di internet. Untuk memberikan gambaran, berikut adalah bocoran spesifikasi iPhone 16.

iPhone 16 diperkirakan akan hadir dalam empat model: iPhone 16 “reguler”, iPhone 16 Plus, iPhone 16 Pro, dan iPhone 16 Pro Max.

Menurut bocoran dari Sonny Dickson, iPhone 16 Pro konon akan memiliki layar berukuran 6,3 inci, meningkat sekitar 0,2 inci dari 6,1 inci pada pendahulunya. Model Pro Max diperkirakan memiliki layar 6,9 inci, lebih besar dibandingkan iPhone 15 Pro Max yang memiliki layar 6,7 inci.


Sonny Dickson Bocoran ukuran layar iPhone 16 series

Dalam hal daya, model iPhone 16 Pro dan Pro Max dilaporkan akan dilengkapi kapasitas baterai yang lebih besar serta kemampuan pengisian cepat (fast charging) yang lebih baik. Informasi ini beredar di media sosial asal China, Weibo.

iPhone 16 Pro diperkirakan akan memiliki baterai sebesar 3.577 mAh, yang 9 persen lebih besar dibanding iPhone 15 Pro dengan kapasitas 3.274 mAh. Sementara iPhone 16 Pro Max kabarnya memiliki kapasitas baterai 4.676 mAh, lebih besar 5 persen dibandingkan iPhone 15 Pro Max yang memiliki kapasitas 4.441 mAh.

Jurnalis teknologi Tim Hardwick dari situs MacRumors mencatat bahwa laporan lain juga menunjukkan bahwa iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max memiliki daya baterai yang lebih baik, dengan iPhone 16 Pro Max mampu bertahan selama 30 jam dengan sekali pengisian daya, satu jam lebih lama daripada model sebelumnya.

Kapasitas baterai yang lebih besar juga akan didukung oleh fitur fast charging yang lebih cepat. Rumornya, iPhone 16 Pro dan 16 Pro Max akan dilengkapi pengisian cepat 40 watt dengan kabel dan 20 watt dengan MagSafe (nirkabel).

Jika informasi ini benar, maka fitur fast charging pada iPhone 16 akan lebih baik dibandingkan pendahulunya, di mana iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max memiliki pengisian cepat 27 watt dengan kabel dan 15 watt untuk pengisian nirkabel.

ilustrasi iPhone 16 (ukr.net)
ukr.net ilustrasi iPhone 16 (ukr.net)

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *