BeritaTeknologi

iPhone 16 dan iPhone 16 Plus Resmi, Kamera Jadi Vertikal dan Ada “Tombol” Baru

×

iPhone 16 dan iPhone 16 Plus Resmi, Kamera Jadi Vertikal dan Ada “Tombol” Baru

Share this article
iPhone 16 dan iPhone 16 Plus Resmi, Kamera Jadi Vertikal dan Ada “Tombol” Baru

Berita Teknologi – Apple secara resmi meluncurkan iPhone 16 dan iPhone 16 Plus dalam acara Apple Event yang berjudul “It’s Glowtime” pada Senin (9/9/2024) waktu Amerika Serikat atau Selasa (10/9/2024) dini hari waktu Indonesia.

iPhone 16 dan iPhone 16 Plus hadir dengan sejumlah perbedaan dibandingkan pendahulunya, termasuk dalam hal desain. Apple kembali mengadopsi susunan kamera belakang secara vertikal seperti iPhone X, berbeda dari desain diagonal iPhone 15.

Kedua model ini memiliki modul kamera belakang yang berbentuk vertikal dan tampak menyerupai pil. Di samping modul tersebut terdapat lampu LED flash yang membantu untuk fotografi dalam keadaan minim cahaya.

iPhone 16 dan iPhone 16 Plus juga tidak lagi memiliki tombol geser Mute Switch, yang biasa digunakan untuk mematikan suara saat ada panggilan masuk. Sebagai gantinya, kedua model ini dilengkapi dengan tombol Action Button, yang sebelumnya hadir pada model Pro di iPhone 15.

Action Button berfungsi sebagai pintasan shortcut untuk menjalankan fungsi atau aplikasi sesuai yang ditentukan oleh pengguna.

Tombol tambahan “Camera Control”


YouTube iPhone 16 dibekali Camera Button untuk membuka kamera dengan cepat, mengatur zoom, dan mengatur fokus kamera.

Masih mengenai tombol, iPhone 16 dan iPhone 16 Plus juga dilengkapi dengan tombol Camera Control yang terletak di kanan bawah perangkat. Fungsi tombol ini mirip dengan tombol kamera pada DSLR.

Pengguna dapat menekan tombol ini dengan lembut untuk memfokuskan kamera pada objek, sementara tekanan penuh akan memungkinkan pengguna untuk mengambil gambar.

Tombol ini juga peka terhadap sentuhan dan bisa digeser (slide) untuk menyesuaikan pengaturan zoom. Antarmuka untuk zoom akan ditampilkan di layar di bawah tombol Camera Control.

Bagian belakang iPhone 16 dan iPhone 16 Plus menggunakan material kaca.

Layar Lebar

Perbandingan ukuran iPhone 16 dan iPhone 16 Plus yang dirilis pada Senin (9/9/2024).
GSM Arena Perbandingan ukuran iPhone 16 dan iPhone 16 Plus yang dirilis pada Senin (9/9/2024).

iPhone 16 dilengkapi dengan layar OLED berukuran 6,1 inci, sementara iPhone 16 Plus memiliki layar yang lebih besar, yaitu 6,7 inci. Ukuran layar ini sama seperti yang terdapat pada model “reguler” dan Plus dari iPhone 15 sebelumnya.

Layar iPhone 16 memiliki resolusi 2.556 x 1.179 piksel dengan kerapatan piksel 460 ppi. Di sisi lain, layar iPhone 16 Plus memiliki resolusi 2.796 x 1.290 piksel dengan kerapatan piksel yang sama, yaitu 460 ppi.

Kedua model ini juga telah dilengkapi dengan tingkat kecerahan maksimum 2.000 nits dan minimum 1 nit, HDR, rasio kontras 2.000.000:1, gamut warna P3, serta fitur Dynamic Island.

Dynamic Island memungkinkan notch untuk menampilkan animasi dinamis untuk beberapa notifikasi aplikasi, seperti panggilan telepon, alarm, dan perekaman suara.

Layar juga dilindungi oleh kaca Ceramic Shield generasi terbaru, yang diklaim 50 persen lebih tahan lama dibandingkan Ceramic Shield generasi pertama, dan dua kali lebih kuat dibandingkan kaca pada smartphone lainnya.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *