BeritaOtomotif

Ini Posisi Tuas Transmisi Mobil Matik yang Benar Saat Parkir Paralel

×

Ini Posisi Tuas Transmisi Mobil Matik yang Benar Saat Parkir Paralel

Share this article
Ini Posisi Tuas Transmisi Mobil Matik yang Benar Saat Parkir Paralel

SOLO – Kejadian mobil tidak dapat didorong saat parkir paralel masih sering ditemui. Hal ini bisa sangat merepotkan, terutama jika area parkir sangat terbatas.

Masalah ini sering kali dialami oleh pemilik mobil matik yang keliru dalam mengatur posisi tuas transmisi, sehingga mobil tidak dapat didorong saat diparkir secara paralel.

Untuk memastikan mobil matik dapat didorong dan mudah digerakkan saat parkir paralel, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Dicky Aditya Wijaya Mobil terparkir di area basement parkir, posisinya ada yang paralel dan berjajar

Pemilik Iwan Motor Honda Auto Clinic Solo, Iwan, menyatakan bahwa saat parkir paralel, tuas transmisi mobil matik harus berada di posisi netral agar kendaraan bisa didorong atau digerakkan dengan mudah.

Iwan menjelaskan, pastikan untuk memindahkan tuas transmisi ke posisi N saat parkir paralel, sehingga mobil dapat didorong maju atau mundur, dengan catatan lokasi harus datar.

“Setelah memastikan parkir di tempat datar, tarik handbrake, kemudian masukkan gigi ke posisi P dan pastikan kunci di posisi Off lalu cabut,” kata Iwan baru-baru ini.

Setelah memindahkan ke P dan mencabut kunci, barulah pindahkan ke N dan turunkan rem tangan agar mobil matik bisa didorong.


“Terakhir, tekan shift lock sembari memindahkan tuas ke posisi N kemudian lepas handbrake,” kata Iwan.

Ia juga menambahkan bahwa parkir mobil matik tanpa mengaktifkan rem tangan dapat merusak transmisi, terutama jika permukaan tidak rata karena beban mobil akan tertahan pada transmisi matik.

“Ketika parkir paralel di permukaan yang rata, tidak apa-apa jika tidak menarik rem tangan,” lanjutnya.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita terkini melalui WhatsApp Channel : Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *