BeritaOtomotif

Ini Momen Penggunaan Setengah Kopling yang Benar

×

Ini Momen Penggunaan Setengah Kopling yang Benar

Share this article
Ini Momen Penggunaan Setengah Kopling yang Benar

SOLO – Penggunaan setengah kopling memiliki peran penting dalam pengoperasian mobil manual, namun harus dilakukan dengan hati-hati dan pada momen tertentu saja.

Masih banyak pengguna mobil manual yang menggunakan setengah kopling secara sembarangan. Jika digunakan terus-menerus dalam situasi yang tidak tepat, hal ini dapat menyebabkan komponen tersebut cepat aus.

Muchlis, pemilik Bengkel Spesialis Toyota Mitsubishi, Garasi Auto Service, mengatakan bahwa penggunaan setengah kopling yang tepat hanya saat awal saja.


Wuling Confero S ACT dengan transmisi manual enam percepatan tanpa ada pedal kopling.

“Benar, hanya saat awal saja. Melepas pedal kopling juga harus lembut,” kata Muchlis.

Melepas pedal kopling secara pelan dan seirama dengan menginjak pedal gas membuat transisi antara gigi menjadi lebih halus, sehingga mencegah kendaraan tersentak.

Bahkan, saat berhenti di tanjakan, penggunaan setengah kopling untuk menahan mobil agar tidak mundur juga tidak diperbolehkan.

Untuk situasi berhenti di tanjakan, lebih disarankan untuk menggunakan hand rem sebagai pengganti setengah kopling guna menghindari kerusakan pada kopling.

“Jika di tanjakan sangat tidak dianjurkan menggunakan setengah kopling, terutama dalam kondisi beban berat. Jika terus menerus digunakan dalam hitungan menit, kopling akan cepat habis. Sebaiknya gunakan hand rem saja,” kata Muchlis.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *