JAKARTA – Setelah membahas berbagai perubahan pada model terbaru Honda Scoopy, kini saatnya mengulas impresi berkendara skutik retro ini.
Ketika ditempati, New Scoopy terbaru sejatinya tidak berbeda jauh dibandingkan model sebelumnya. Dengan tinggi jok 746 mm, penguji yang memiliki tinggi 163 cm merasa nyaman dan mudah menapak.
Segitiga berkendara Honda Scoopy model baru
Astra Honda Motor menginformasikan bahwa tidak ada perbedaan tinggi setang maupun tinggi jok pada model baru ini.
Bentuk pijakan kaki juga masih sama, dengan ruang yang cukup luas untuk sepatu ukuran 41. Namun, untuk menaruh barang tambahan seperti tas, memang terasa sempit.
Dek tengah tetap sama, sedikit lebih tinggi karena adanya aki di bawah, yang dapat membuat jarak lutut ke setang terasa lebih dekat dalam beberapa kondisi, seperti saat menikung.
Kemudian, bentuk busa jok juga tidak mengalami perubahan. Karakternya cukup empuk meskipun tidak terlalu tebal. Jika dibandingkan dengan Beat, jok Scoopy tentu lebih lebar dan nyaman bagi pengendara.
Begitu mulai berkendara, dengan setang yang tertutup cover, impresi dari Scoopy terbaru berbeda dengan model sebelumnya.
Motor terasa lebih kokoh di bagian depan, tidak sekecil pada model lama. Layout spidometer yang sepenuhnya digital juga terlihat lebih besar dan membulat.
Meskipun layar spidometer kecil di tengah, desain cover setang ini tergolong unik dan mirip dengan Honda C125.
Berlanjut ke masalah suspensi, karena tidak ada pembaruan, rasanya tetap sama dengan model lama, baik suspensi depan maupun belakang.
Suspensi depan tergolong empuk, sementara yang belakang terasa lebih keras, mungkin lebih cocok untuk boncengan.
Selanjutnya, dalam urusan pengendalian, dengan ukuran ban 100/90-12 di depan dan 110/90-12 di belakang, Scoopy terasa sangat lincah saat menikung. Bahkan di kondisi jalan basah setelah hujan, performa motor tetap stabil.
Sementara itu, untuk mesin, berdasarkan spesifikasi yang ada, skutik ini masih mengandalkan mesin eSP 110 cc SOHC 2 klep dengan ukuran bore x stroke (47 x 63,1 mm).
Dari mesin tersebut, skutik ini mampu menghasilkan tenaga 6,6 kW atau setara 8,8 Tk pada 7.500 rpm dengan torsi maksimum 9,2 Nm pada 6.000 rpm.