BeritaTeknologi

Huawei Mate XT Resmi, Ponsel Layar Lipat Tiga Pertama di Dunia

×

Huawei Mate XT Resmi, Ponsel Layar Lipat Tiga Pertama di Dunia

Share this article
Huawei Mate XT Resmi, Ponsel Layar Lipat Tiga Pertama di Dunia

Huawei telah resmi meluncurkan ponsel lipat terbarunya, Mate XT pada Selasa (10/9/2024). Berbeda dengan ponsel lipat pada umumnya yang bisa dilipat menjadi dua bagian, Huawei Mate XT merupakan perangkat yang layarnya bisa dilipat hingga tiga bagian.

Huawei mengeklaim mekanisme lipatan layar inovatif ini menjadikan Mate XT sebagai ponsel lipat pertama di dunia yang dapat dilipat tiga kali.

Untuk dapat dilipat tiga, layar utama Huawei Mate XT memiliki panel OLED dengan rasio 16:11, ukuran 10,2 inci, dan resolusi 2.232 x 3.184 piksel. Layar ini didukung oleh dua engsel yang membagi layar ponsel menjadi tiga bagian.

Engsel ini diletakkan di sepertiga bagian kiri dan kanan layar utama, yang sudah dilindungi oleh kaca ultra tipis.

Komponen engsel di bagian kiri layar memungkinkan layar dilipat keluar (outward), sedangkan engsel di bagian kanan memungkinkan layar dilipat ke dalam (inward), mirip dengan fungsi engsel di beberapa ponsel lipat lainnya.

AndroidAuthority Ilustrasi ponsel layar lipat tiga Huawei Mate XT.

Ketika layar ponsel ini dilipat setengah, bentuknya menyerupai huruf “Z”. Saat layar dilipat sepenuhnya, bagian yang dilipat ke luar akan menampilkan layar sekunder (Cover Screen) dengan ukuran 6,4 inci (1.008 x 2.232 piksel).

Menariknya, pengguna juga dapat melipat layar bagian kiri saja, sehingga Huawei Mate XT dapat menampilkan layar yang lebih luas dari Cover Screen dengan ukuran 7,9 inci (2.048 x 2.232 piksel).

Ketika layar dilipat sepenuhnya, perangkat ini tampak seperti tiga ponsel tipis yang ditumpuk rapi dari sisi kanan, kiri, atas, maupun bawah.

Huawei menyebutkan bahwa dimensi ketebalan ponsel ini cukup tipis, yaitu 3,6-4,8 mm ketika layar dibentangkan, dan 12,8 mm ketika ponsel dilipat sepenuhnya.

Spesifikasi Huawei Mate XT

Ilustrasi ponsel layar lipat tiga Huawei Mate XT.GSMArena Ilustrasi ponsel layar lipat tiga Huawei Mate XT.

Secara spesifikasi, Huawei Mate XT dilengkapi dengan tiga kamera belakang yang terintegrasi dalam modul berbentuk segi delapan. Ketiga kamera ini masing-masing memiliki resolusi 50 MP (f/1.4-4.0, PDAF, OIS), 12 MP (f/3.4, telefoto, 5,5x optical zoom), dan 12 MP (f/2.2, ultra-wide).

Kamera utama ponsel ini memiliki aperture variabel, sehingga bukaan dapat diatur dari f/1.4 hingga f/4.0 sesuai dengan intensitas cahaya yang masuk ke lensa kamera.

Di bagian depan, terdapat satu kamera 8 MP (f/2.2) yang terletak di bagian kiri atas layar utama.

Dalam aspek performa, Huawei belum mengungkap chipset yang digunakan pada ponsel lipat tiga terbarunya. Namun, kabar beredar menyebutkan bahwa “otak” yang digunakan adalah Kirin 9010 5G yang juga digunakan pada ponsel flagship terbaru dari Huawei, dan telah mendukung fitur komunikasi melalui satelit.

Ilustrasi ponsel layar lipat tiga Huawei Mate XT.GSMArena Ilustrasi ponsel layar lipat tiga Huawei Mate XT.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *